Berita Surabaya Hari Ini

Keluar Tol Gratis Jika Macet 1 Km saat Arus Mudik Lebaran 2022, Termasuk di Tol Singosari Malang

Puncak arus mudik Lebaran 2022 diperkirakan bakal terjadinya pada 28-30 April 2022.

Editor: isy
Luhur Pambudi/TribunJatim.com
Direktur Ditlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman, saat menjelaskan soal penggratisan pintu tol apabila terjadi kemacetan 1 km lebih saat arus mudik Lebaran 2022. 

Berita Surabaya Hari Ini

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Puncak arus mudik Lebaran 2022 diperkirakan bakal terjadinya pada 28-30 April 2022.

Potensi kepadatan dan volume arus kendaraan di sejumlah ruas tol di Jatim diprediksi juga akan membludak.

Ditlantas Polda Jatim telah menyiapkan serangkaian mekanisme antisipasi kepadatan arus mudik Lebaran, terutama di tiap gerbang tol

Direktur Ditlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman, mengatakan usulannya untuk membuka pintu tol bila terjadi antrean kendaraan pemudik hingga 1 kilometer telah disetujui oleh pihak pengelola tol.

Artinya, manakala terjadi kemacetan dengan kondisi antrean kendaraan hingga 1 kilometer, pintu tol akan dibuka dan pengendara mobil tidak akan dikenai pembayaran biaya tol selama melintas.

"Ternyata usulan kita bahwa nanti apabila terjadi antrian 1 km di tol akan kita loloskan. Akan kita loloskan. Jadi tidak ada pembayaran. Ini risiko," katanya di Mapolda Jatim, Kamis (21/4/2022).

Skema tersebut akan diterapkan di tujuh titik ruas tol yang dianggap berpotensi terjadi kemacetan saat momen arus mudik terjadi, di antaranya, Tol Sidoarjo, Tol Kejapanan; di Waru Gunung, Tol Pandaan, Tol Singosari Malang, dan beberapa tol lainnya.

Latif menambahkan, ketujuh titik tersebut berpotensi menghambat, karena masih berada di dalam jalur tol utama, seperti di Tol Kejapanan dan Tol Sidoarjo 2.

Oleh karenanya, ia berharap dalam momen arus mudik nantinya, tidak terjadi kemacetan panjang yang menghambat perjalanan para pemudik ke kampung halaman.

"Dalam artian ini sudah kita koordinasikan dengan pengelola tol, sehingga tol ini betul-betul diharapkan lancar," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved