Gema Ramadhan

COO Group Venteny : UMKM Turut Memegang Andil Besar dalam Perekonomian Indonesia

Damar Raditya COO Group Venteny, dalam Focus Group Discussion dengan tema, Cerdas Kelola Modal Dengan Strategi Finansial Tepat

Damar Raditya COO Group Venteny (paling kanan) bersama para narasumber dalam acara Gema Ramadhan 2022, Mall Grand City Surabaya, Selasa (26/4/2022) 

SURYAMALANG.COM|SURABAYA - Dalam pengelolaan sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan.

Di Indonesia, 99 persen dari pelaku usaha adalah UMKM, sedangkan setengahnya berasal dari kaum hawa.

Venteny hadir membantu pelaku usaha sekaligus para karyawan agar bisa mendapatkan akses untuk pengembangan usaha lebih baik.

Damar Raditya COO Group Venteny, dalam Focus Group Discussion dengan tema, Cerdas Kelola Modal Dengan Strategi Finansial Tepat, menjelaskan, kendala permodalan masih menjadi momok menakutkan, dalam menjalankan roda usaha.

"Hal hal yang harus dipertimbangkan pertama, adalah sesuai dengan visi misi usaha harus punya proyeksi tentang apa yang harus dilakukan kedepan," ujarnya, dalam acara Gema Ramadhan, Selasa (26/4/2022).

Dengan proyeksi itu, lanjut dia, maka bisa menyusun permodalan, atau mungkin kapan saatnya perlu suntikan investor baru atau permodalan baru

Baginya, proyeksi itu juga bisa membuat sebuah strategi untuk pemasaran, sekaligus pengembangan produk yang baru.

"Kami berharap para pelaku UMKM di seluruh Indonesia, khususnya di Jatim harus siap dengan market yang lebih luas. Karena Asia tenggara adalah pasar yang sangat menarik," bebernya.

"Kalau dibandingkan dengan wilayah lain, asia tenggara menawarkan perkembangan yang luar biasa," lanjutnya.

Dirinya menyebut, diperlukan kolaborasi antara pemerintah dengan swasta, perbankan dan non perbankan. Sehingga potensi umkm benar benar dimaksimalkan

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved