Berita Surabaya Hari Ini

Hasil Lab Forensik Kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya Rampung, Ini Hasilnya

Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim telah merampungkan hasil laboratorium atas penyebab kebakaran Gedung Tunjungan Plaza Surabaya

SURYAMALANG.COM/ISTIMEWA
Kebakaran Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (13/4/2022) sore ini 

SURYAMALANG.COM|SURABAYA- Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim telah merampungkan hasil laboratorium atas penyebab kebakaran Gedung Tunjungan Plaza Surabaya, yang terjadi pada Rabu (14/4/2022) kemarin. 

Hasilnya, sumber api pemicu kebakaran berasal dari akumulasi panas (Heat Accumulation) selama terjadinya hubung longgar listrik (Loose Contact) pada salah satu terminal kabel lampu penerangan. 

Terminal kabel lampu penerangan yang mengalami loose contact tersebut, terdapat di plafon teras bioskop yang berada di lantai 10 gedung tersebut.

Akibat loose contact tersebut, menyebabkan komponen pada terminal lampu pada plafon, meleleh dan membakar isolasi kabel. 

Percikan api yang muncul, kemudian makin membesar setelah mengenai media bahan mudah terbakar seperti plastik, kayu, kertas di sekitar area plafon bangunan tersebut. 

Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Pol Sodiq Pratomo mengungkapkan, loose contact itu terjadi pada sebuah sekrup terminal lampu penerangan. 

"Di sekrup terminal lampu. Biasanya kan dipasang di terminal lalu dikencengi (dikunci) pakai sekrup," ujarnya saat dihubungi TribunJatim.com, Selasa (26/4/2022). 

Di singgung mengenai ada atau tidaknya unsur kesengajaan atas pemicu kebakaran yang telah ditemukan oleh pihak Labfor Polda Jatim. 

Sodiq enggan mengungkapkannya, karena hal tersebut merupakan kewenangan pihak penyidik yang menangani kasus tersebut; dalam hal ini Polrestabes Surabaya. 

Namun, hasil labfor tersebut sudah dilaporkannya ke pihak Satreskrim Polrestabes Surabaya Surabaya, ataupun Bidang Humas Polda Jatim. 

Halaman
1234
Sumber: surya.co.id
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved