Gema Ramadhan

Bangkalan Siapkan IKM Sentra untuk UMKM  

ertahan melewati pandemi bagi  Ketua TP PKK Bangkalan, Zaenab Zuraidah bukan hanya sekedar menggerakkan ekonomi UMKM yang banyak dikelola perempuan.

Gelaran Gema Ramadhan yang digelar Harian Surya dan Tribun Jatim Network juga diisi dengan talkshow bertemakan Hidupkan Harapan Bersama UMKM, Kamis (28/4/2022 

SURYAMALANG.COM|SURABAYA - Bertahan melewati pandemi bagi  Ketua TP PKK Bangkalan, Zaenab Zuraidah bukan hanya sekedar menggerakkan ekonomi UMKM yang banyak dikelola perempuan.

Namun menyiapkan mental dan pola pikir perempuan yang mungkin terguncang karena kondisi duka dan kekacauan ekonomi yang ada karena pandemi.

Ia menekankan mindset harus diperbaiki bahwa pandemi akan berakhir. Dan untuk itu harus tetap bergerak salah satunya membantu promosi UMKM.

"Makanya saya coba untuk mengajak warga saya terutama perempuan untuk perpikiran positif dengan jargon Saya Bahagia dan Saya Penebar Bahagia kami mengupayakan keadaan baik dna sehat walaupun medannya susah,"tegasnya.

Sehingga UMKM bersinergi bersama dengan dibentuknya IKM sentra. Dalam sentra ini, produk UMKM dibeli secara tunai kemudian dipasarkan secara luas sehingga pergerakan ekonomi UMKM terus berjalan.

"Pada akhirnya kami angkat lagi UMKM dengan jargon kami  Go Pangan Lokal. Jadi memproduksi dan mengkonsumsi pangan lokal,"ungkapnya.

Dengan gerakan ini, maka masyarakat akan memproduksi pangan di tanah sendiri, mengelolanya jadi produk sendiri, dan dipasarkan warga sendiri juga serta digerakkan untuk mengkonsumsi pangan lokal juga.

Selain itu juga digiatkan kegiatan one village one product. Hal ini juga akhirnya menggerakkan seluruh komponen di masyarakat termasuk mungkin seniman yang kehilangn pekerjaan di msa pandemi.

"Saya juga bantu jualan dengan mempromosikan produk warga, dan mereka juga mempromosikan produk saya. Jadi berusaha saling mempromosikan,"urainya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved