Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Kayutangan Heritage Zona III Segera Dibangun, Lalin Jadi Satu Arah dan Pedestrian Dilebarkan

Pemerintah Kota Malang segera membangun zona III Kawasan Kayutangan Heritage dalam waktu dekat ini, Senin (16/5/2022).

Pembangunan Koridor Kayutangan Heritage Zona III bakal dilakukan dalam waktu dekat ini setelah ada tanda batas pedestrian di aspal jalan, Senin (16/5/2022). 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Pemerintah Kota Malang segera membangun zona III Kawasan Kayutangan Heritage dalam waktu dekat ini, Senin (16/5/2022).

Hal ini ditandai, dengan proses pemberian tanda batas pedestrian, yang telah dilakukan di Jalan Basuki Rahmat (Kayutangan).

"Teken kontrak sudah dilakukan. Tanda batas pedestrian juga sudah dilakukan, tinggal proses sosialisasi dan pengerjaan," ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi, Senin (16/5/2022).

Sebagai informasi, koridor Kayutangan Heritage ini dibagi di dalam tiga zona.

Zona I dari simpang PLN menuju ke simpang Rajabali. Zona II dari Raja Bali sampai Jalan Jenderal Basuki Rahmat Gang IV, dan zona III Jalan Jenderal Basuki Rahmat Gang IV sampai ke Sarinah.

Kawasan Kayutangan Heritage zona III ini yang kini akan mulai digarap, dan ditargetkan tuntas pada akhir 2022 nanti.

"Fokus pembangunan di zona III Kayutangan Heritage ini yakni dengan memperlebar pedestrian jalan, karena nanti akan jadi satu arah," ucapnya.

Pelebaran jalan dilakukan, sekaligus menata lebar badan jalan yang berada di Jalan Basuki Rahmad Kota Malang itu yang harus memiliki lebar 12 meter.

Dari lebar badan jalan tersebut, nanti akan ditentukan, lebar dari masing-masing pedestrian yang ada dibagian kanan dan kiri jalan.

"Contoh saja misalkan lebarnya ada 20 meter. Kami ambil 12 meter untuk badan jalan. Sisanya yang 8 meter untuk pedestrian, jadi kami bagi dua," terangnya.

Rencananya, pada 17-18 Mei 2022 ini akan dilakukan sosialisasi kepada instansi terkait dan tokoh masyarakat di Kayutangan terkait pembangunan zona III Kayutangan Heritage.

Sosialisasi ini berlangsung di kantor DPUPRPKP Kota Malang yang berada di Jalan Bingkil.

"Besok (hari ini red.) akan kami mulai dengan sosialisasi terlebih dahulu, sebelum nantinya proses pengerjaan dimulai," ujarnya.

Menindaklanjuti adanya pembangunan zona III Kayutangan Heritage juga diamini oleh Kepala Dinas Perhubungan, Heru Mulyono.

Dishub Kota Malang juga akan mulai menyusun rekayasa lalu lintas, untuk memperlancar lalu lintas di kawasan Kayutangan.

"Termasuk kantor parkir juga akan kami siapkan. Yang penting kami akan sosialisasi dulu, baru itu nanti kami informasikan setelahnya," tandasnya

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved