Berita Batu Hari Ini

Dinas PUPR Batu Bangun 144 PJU dan 39 PJL

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu membangun 144 Penerangan Jalan Umum dan 39 Penerangan Jalan Lingkungan pada 2022.

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Warga pengguna sepeda motor melintas di bawah lampu penerangan jalan yang berada di kawasan Jalibar, Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu, Rabu (30/9/2020) 

SURYAMALANG.COM|BATU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu membangun 144 Penerangan Jalan Umum dan 39 Penerangan Jalan Lingkungan pada 2022.

Seluruh fasilitas publik itu berada di Desa Pendem, Oro-Oro Ombo, Sumberbrantas, Beji, Punten, Kelurahan Sisir, Ngaglik, dan Temas. 

Kasi Penerangan Jalan Umum, Dedy Angga Satriawan menjelaskan, anggaran pembangunan PJU dan PJL pada 2022 sebanyak Rp 5,033 miliar.

Anggaran tersebut bisa membangun PJL dan PJU di 15 titik.  Anggaran masih mungkin bertambah di pertengahan tahun melalui PAK.

"Sisa anggaran yang belum terserap dari dinas-dinas lain kebanyakan akan dilimpahkan pada kami sesuai kehendak tim anggaran dari eksekutif dan legislatif.

Karena lebih baik dimanfaatkan untuk pembangunan fisik bagi masyarakat seperti jalan, drainase hingga PJU," katanya, Selasa (24/5/2022). 

Jika dibandingkan dengan pembangunan pada 2021 lalu. PUPR Kota Batu telah membangun PJU sebanyak 544 tiang yang ada di 34 titik, masing-masing titik memiliki 16 tiang. Kemudian untuk PJL yang berhasil di bangun pada 2021 sebanyak 286 tiang yang ada di 22 titik, masing-masing memiliki 13 tiang.

"Secara keseluruhan anggaran pembangunan PJU dan PJL di Kota Batu dari awal sampai akhir adanya penambahan PAK sebesar Rp 14,6 miliar," kata Angga. \

Tiap titik PJU dan PJL memiliki harg yang berbeda. Titik PJL menghabiskan Rp 15,1 juta karena menggunakan tiang setinggi 6 meter dan lampu LED 40 watt.  PJU tiap titiknya dibangun seharga Rp 17,3 juta karena menggunakan tiang sepanjang 8 meter dan lampu LED 90 watt. 

"Harga itu sudah termasuk kabel, tiang, lampu hingga konsultan karena pembangunan selalu melekat dengan konsultan pembangunan," ujarnya. (Benni Indo)

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved