Travelling

Wisata Sejarah ke Area Bouwplan V di Kecamatan Klojen, Kota Malang

Komunitas Malang Old Photo mengajak masyarakat berwisata sejarah ke area Bouwplan V di Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Kukuh Kurniawan
Wisata sejarah ke area Bouwplan V di Kecamatan Klojen, Kota Malang, Sabtu (28/5/2022). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Komunitas Malang Old Photo mengajak masyarakat berwisata sejarah ke area Bouwplan V di Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Rombongan berangkat dari Jalan Semeru, kemudian ke Jalan Tenes, ke Jalan Kawi, berlanjut ke Jalan Arjuno, lalu mengarah ke Jalan Bromo, dan berakhir di Jalan Semeru.

Bouwplan V adalah rencana pengembangan Kota Malang V yang dibuat oleh Belanda tahun 1924.

Pembangunan Bouwplan V mulai dikerjakan setahun kemudian.

Pencerita sekaligus pemandu sejarah dari Komunitas Malang Old Photo, Irawan Paulus mengatakan pihaknya  mengajak masyarakat mengenal komplek olahraga Stadion Gajayana yang dulu terkenal dan termegah di Hindia Belanda (sekarang Indonesia).

"Komplek olahraga Stadion Gajayana Malang masuk dalam bagian Bouwplan V. Kami ambil rute ini karena ingin mengenalkan masyarakat tentang sejarah Stadion Gajayana," ujar Irawan kepada SURYAMALANG.COM, Minggu (29/5/2022).

Tim juga mengajak masyarakat memasuki dan mengenal beberapa bangunan bersejarah di sekitar komplek Stadion Gajayana, seperti bangunan eks Hotel Astor yang saat ini menjadi Makorem 083/Baladhika Jaya dan bangunan sekolah Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) Jalan Semeru yang saat ini masih difungsikan sebagai sekolah.

"Kami juga mengenalkan sejarah rumah di Jalan Tenes. Rumah itu pernah ditempati tokoh militer yang berperan dalam perjuangan di Malang, yaitu Mayjen TNI (Purn) Imam Soedja'i," ungkapnya.

Irawan berharap masyarakat dapat lebih mengenal sejarah Kota Malang dan lebih peduli dengan bangunan-bangunan lawas yang memiliki nilai historis tinggi.

"Kami akan memggelar acara serupa dengan tema dan rute yang berbeda. Namun, tentu masih masuk dalam koridor heritage. Lalu, bagi masyarakat yang ingin ikut dalam kegiatan ini caranya cukup mudah. Ikuti Instagram @malangoldphoto, karena kami selalu memposting info-info kegiatan," tandasnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved