Berita Trenggalek Hari Ini

Soal Potensi Dampak Lingkungan Tambang Emas Trenggalek, PT SMN Koordinasi dengan Badan Geologi

Soal Potensi Dampak Lingkungan Tambang Emas Trenggalek, PT SMN Koordinasi dengan Badan Geologi

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Eko Darmoko
IST
Pertemuan PT Sumber Mineral Nusantara (SMN). 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - PT Sumber Mineral Nusantara (SMN) mengatakan, akan berkoordinasi dengan Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk meneliti dampak lingkungan terkait tambang emas di Kabupaten Trenggalek.

Hal itu dilakukan untuk melihat bagaimana dampak yang akan terjadi apabila tambang emas beroperasi di wilayah tersebut. Terutama dampak terkait sumber air.

Hilangnya sumber air menjadi salah satu kekhawatiran berbagai pihak apabila tambang emas beroperasi. Kekhawatiran itu utamanya dirasakan oleh masyarakat sekitar lokasi tambang.

"Ini dilakukan guna memastikan operasional perusahaan tidak merugikan masyarakat," kata External Affairs SMN Handi Andrian, dalam siaran tertulis yang diterima SURYAMALANG.COM, Minggu, (19/6/2022).

Handi mengatakan, koordinasi dengan Badan Geologi juga agar operasional penambangan emas di Trenggalek sejalan dengan regulasi yang ada.

"Ini sesuai arahan pemerintah daerah, yang meminta perusahaan melibatkan badan yang berkompeten dan berkapasitas sesuai dengan keahliannya. Dan kami akan menindaklanjuti," sambungnya.

Menurut dia, perlu pengkajian lebih mendalam untuk memastikan ada-tidaknya dampak hilangnya sumber air apabila tambang emas beroperasi.

“Bagi kami, kehadiran perusahaan tidak boleh menyengsarakan masyarakat. Air itu sumber kehidupan. Perusahaan dan karyawannya, jika sudah beroperasi, juga butuh air," ucap Handi.

Badan Geologi diharapakan bakal menjadi pihak ahli yang independen untuk meneliti persoalan tersebut.

"Kami tidak ingin membantah tanpa dasar. Biarkan pihak yang independen dan ahli yang melakukan penelitian,” sambungnya.

PT SMN, kata dia, belum melaksanakan aktivitas pertambangan sampai hari ini. Pihaknya mangaku masih akan meneliti dan mengeksplorasi di wilayah izin yang diberikan.

"Perusahaan memastikan bahwa segala operasional di lapangan, akan disosialisasikan terlebih dahulu ke masyarakat sekitar," katanya.

Ia menyebut, adanya investasi termasuk tambang emas dapat bermanfaat jika dilakukan sesuai regulasi.

Manfaat yang ia maksud seperti pembukaan lapangan kerja baru, pendapatan daerah, hingga dampak penurunan angka kemiskinan daerah.

"Kami akan terbuka menerima masukan yang membangun dan bermanfaat untuk masyarakat," sambung dia.

 

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved