Berita Malang Hari Ini

Seleksi Mandiri UB Pakai Nilai UTBK Mulai 1 Juli 22, Sertakan Prestasi Unggulan Dapat Poin

Universitas  Brawijaya (UB) membuka jalur nilai UTBK mulai 1 Juli 2022. Hasil seleksi jalur nilai UTBK akan diumumkan pada 22 Juli 2022.

Kampus utama Universitas Brawijaya Malang di Jalan Veteran. Universitas Brawijaya (UB) membuka jalur nilai UTBK mulai 1 Juli 2022. Hasil seleksi jalur nilai UTBK akan diumumkan pada 22 Juli 2022. 

SURYAMALANG.COM|MALANG- Universitas  Brawijaya (UB) akan membuka jalur nilai UTBK mulai 1 Juli 2022. Hasilnya akan diumumkan pada 22 Juli 2022.

Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik UB, Heri Prawoto mengatakan untuk jalur ini peserta bisa menambahkan prestasi unggulan mereka.

"Tambahkan agar dapat tambahan poin," jelqs Heri, Selasa (28/6/2022). 

Untuk nilai UTBK-nya, UB akan mendapatkan dari data di  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Nilai UTBK itu merupakan hasil ujian SBMPTN.

Sejumlah PTN menggunakan hasil UTBK untuk seleksi masuk jalur mandiri.

"Banyak pertanyaan mengapa UB tidak mengadakan ujian lagi untuk seleksi jalur mandiri. UB sudah berubah paradigma bahwa untuk jalur mandiri antara lain memakai jalur nilai UTBK," jawabnya.

Saat ini UB sudah menyelesaikan dua jalur mandiri yaitu jalur prestasi lomba dan nilai rapor.

Saat ini bersamaan dilakukan registrasi atau daftar ulang untuk jalur nasional SBMPTN dan dua jalur mandiri yaitu prestasi lomba dan nilai rapor.

Pertanyaan lain yang banyak diterima UB adalah apakah anak soshum boleh ikut saintek?

"Ya jelas gak bisa. Nilai UTBKnya dari mana? Kecuali yang ikut ujian campuran saat UTBK, pasti ada datanya," jelasnya.

Setelah jalur UTBK, terakhir ada jalur vokasi sebagai pamungkas. Ini untuk prodi-prodi jenjang D3 yang ada di Fakultas Vokasi.

Dikatakan, peminat jalur mandiri UB sangat besar. Ini bisa dilihat dari pendaftar jalur prestasi lomba ada 11.000 pendaftar. Yang diterima hanya 2000 an. 

Sedang jalur mandiri rapor yang baru diumumkan pada 26 Juni 2022, jumlah pendaftar ada 30.000 lebih.

"Yang diterima ya 2000 an," jawabnya. Jalur UTBK juga akan menerima 2000 an. Sedang kuota maba untuk SNMPTN dan SBMPTN sebanyak 8000 an.

Untuk biaya jalur mandiri, ia menyebut sudah dipublikasikan. Pada mandiri, selain membayar UKT juga ada biaya uang pangkal namun hanya sekali dibayarkan. 

"Meski sekarang UB PTNBH, namun biaya kuliah tidak naik sejak dua tahun terakhir," jawabnya. Dengan statusnya sebagai PTNBH, maka jalur mandiri UB sebanyak 50 persen dari kuota mahasiswa.

Saat ini, UB sedang membangun gedung FKG yang semula satu lantai jadi empat lantai. Juga membangun gedung empat lantai di UB Kediri dan gedung empat lantai di UB kampus Dieng.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved