Berita Trenggalek Hari Ini

Sandiaga Menari Bersama Anak-anak Desa Pandean, Trenggalek

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek.

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek. Kunjungan itu disambut meriah warga. Sandiaga juga menari bersama anak-anak. 

SURYAMALANG.COM,TRENGGALEK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek.

Kunjungan itu disambut meriah warga. Para pelajar SD berdiri di pinggir jalan melambaikan tangan dan mengibarkan bendera Merah-Putih. Sandiaga juga menari bersama anak-anak.

Kunjungan kali ini, Sandiaga dibuat terpesona karena keindahan alam dan kekompakan warga mengelola lingkungan.

Desa Wisata Pandean menjadi tujuan wisata karena arena tubing dan juga outbondnya.

Sungai bersih mengalir di antara bebatuan besar. Saking bersihnya, sungai berwarna agak kebiruan.

"Saya ingin mengucapkan selamat, dari 3500 desa wisata, Desa Pandean tembus 50 besar," ujar Sandi.

Menurut Sandi, yang menarik dari Desa Pandean adalah manajemen wisatanya berbasis komunitas. Terlebih penggeraknya adalah ibu-ibu.

"Ini berbasis komunitas, ibu-ibu yang menjalankan," ujar Sandi. 

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengaku senang Sandiaga berkunjung ke Desa Pandean. Arifin dan iatrinya menyambut Sandiaga dengan pakaian adat. 

Laku naik mobil listrik yang dibuat oleh siswa SMK Muhammadiyah. Menurut Arifin, sapaan akrabnya, pariwisata dapat meni gkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. 

Pemkab Trenggalek berkomitmen untuk memperbanyak jumlah desa wisata. Menurutnya, di desa wisata itulah hadir ekonomi masa depan.

"Di sinilah ekonomi masa depan. Ekonomi yang kemudian tidak melupakan kepentingan ekologi," ujarnya. 

Wisata desa mengandalkan keindahan alamnya. Jika dikelola dengan vaik, alam justru akan menambah keuntungan bagi masyarakat. 

Pembangunan di tingkat desa juga disebutnya memperpendek jarak birokrasi sehingga masyarakat bisa langsung menikmati manfaatnya.

"Alamnya justru terjaga karena menjadi tujuan wisata. Kalau bangun tujuan berbasis kabupaten, prosesnya lama. Kalau ini langsung bisa dirasakan masyarakat. Kalau Pak Menteri sudah ke sini, yang lain ke sini, dong," ajaknya.

Setelah dari Kabupaten Trenggalek, Sandiaga melanjutkan kunjungan kerja ke Kabupaten Ponorogo.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved