Berita Blitar Hari Ini

Tak Hanya Segar, Es Rempah dari Hutan Blitar Ini Juga Menambah Imunitas

Gunawan menggunakan bermacam rempah mulai kapulaga, akar alang-alang, serai, daun kelor, daun salam, bunga lawang, cengkeh, kayu manis, lada hitam,

suryamalang/sha
Gunawan sedang meracik es rempah di kedainya, Jalan Lawu, Kota Blitar, Rabu (13/7/2022). Selain segar, es rempah racikan Gunawan juga diklaim dapat menambah imunitas 

SURYAMALANG.COM|BLITAR - Minuman rempah biasanya disajikan dalam kondisi panas dengan air mendidih. 


Tapi, di kedai milik Gunawan Setia Dharma (34), di Jalan  Lawu, Kota Blitar, ini menyajikan minuman rempah dingin, yaitu, es rempah.


Meski disajikan dingin, es rempah milik bekas mekanik bengkel sepeda motor itu tetap bermanfaat untuk menambah imunitas atau daya tahun tubuh di masa pancaroba. 


"Minuman rempah mayoritas disajikan panas, jarang disajikan dingin. Untuk itu, saya mencoba membuat menu es rempah. Selain segar, es rempah juga bisa menambah imunitas," kata Gunawan ditemui di kedainya, Rabu (13/7/2022). 


Saat itu, Gunawan sedang meracik es rempah pesanan pelanggan. Kedai sederhana milik Gunawan berada di atas trotoar Jl Lawu. 


Ia menggunakan dua gerobak sebagai etalase barang dagangannya. Bermacam rempah yang tersimpan dalam toples kecil tertata rapi di gerobak. 


Ia menyediakan beberapa meja dan kursi kecil sebagai tempat duduk pelanggan. 


"Penyajian wedang rempah dan es rempah beda. Kalau wedang rempah, ampasnya ikut diseduh dengan air panas dalam gelas. Sedang es rempah diambil sarinya saja," ujar bapak tiga anak itu. 


Gunawan menggunakan bermacam rempah mulai kapulaga, akar alang-alang, serai, daun kelor, daun salam, bunga lawang, cengkeh, kayu manis, lada hitam, ketumbar, kayu secang, kunir, laos, kencur, jahe merah, dan madu untuk membuat minuman penambah daya tahan tubuh.


Sebagian rempah-rempah, ia beli di pasar dan sebagian lagi mencari sendiri. Ia mencari kayu secang ke hutan di wilayah Blitar selatan.


"Bahan seperti daun kelor, daun serai, dan kayu secang cari sendiri. Sebelum disajikan semua rempah-rempah saya keringkan dulu," katanya. 


Proses pembuatan es rempah langsung dilakukan di kedai. Bermacam rempah dicampur jadi satu lalu ditumbuk dan diseduh dengan air mendidih. 


Ia menyediakan gula batu, gula jawa, gula aren, dan gula pasir sebagai pemanis es rempah. Pelanggan tinggal memilih gula yang akan dipakai untuk es rempah sesuai selera. 


Racikan bermacam rempah yang sudah diseduh dengan air mendidih dibiarkan sekitar lima menit, setelah itu baru disaring untuk diambil sarinya dan diberi es batu. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved