Berita Banyuwangi

Sebanyak 520 Pebalap dari 27 Provinsi Ikuti Kejurnas Balap Sepeda INC 2022 di Banyuwangi

Sebanyak sekitar 520 pebalap dari 27 provinsi mengikuti Kejuraan Nasional Balap Sepeda, Indonesian National Championship (INC) 2022 di Banyuwangi

surya.co.id/ook
Banyuwangi dipercaya menjadi tuan rumah Kejurnas balap sepeda INC 2022. Sebanyak sekitar 520 pebalap dari 27 provinsi mengikuti Kejuraan Nasional Balap Sepeda, Indonesian National Championship (INC) 2022 di Banyuwangi 

SURYAMALANG.COM|BANYUWANGI - Kejuraan Nasional (Kejurnas) balap sepeda, Indonesian National Championship (INC) 2022, yang diselenggarakan di Banyuwangi, 15 hingga 24 Juli 2022, catatkan rekor jumlah peserta terbanyak sepanjang gelaran Kejurnas. 

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Parama Nugroho mengatakan, animo peserta Kejurnas di Banyuwangi yang mengikuti cukup besar. Dari 34 pengurus provinsi hanya empat provinsi yang absen, sekaligus merupakan jumlah peserta terbanyak selama pelaksanaan kejurnas balap sepeda diselenggrakan.

"Ini mencatatkan rekor tersendiri sepanjang Kejurnas balap sepeda. Pesertanya lebih dari lima ratus orang, ini jumlah peserta terbanyak selama pelaksanaan kejurnas balap sepeda," ungkap Parama, Jum'at (15/7/2022).

Sebanyak sekitar 520 pembalap dari 27 provinsi, turut serta dalam kejuaraan ini. Ratusan pembalap tersebut akan bertanding di kelas road bike dan sepeda gunung (MTB), untuk memperebutkan jersey Merah Putih, yang menjadi tanda sebagai pembalap terbaik nasional.

Dalam Kejurnas balap sepeda INC 2022, mempertandingkan 70 nomor perlombaan, untuk disiplin road akan terdiri atas tiga lomba, yakni individual time trial (ITT), individual road race (IRR), dan criterium, dengan jumlah total 39 nomor perlombaan. Sementara itu, nomor MTB melombakan cross-country eliminator (XCE), cross-country Olympic (XCO), cross-country relay (XCR), downhill, dan enduro, dengan jumlah toal 31 nomor lomba disiplin MTB. 

"Ada 70 nomor perlombaan baik Road maupun MTB, yang melombakan mulai kategori umur Youth, Junior, U-23 dan Elite, baik Putra maupun putri," tambah Parama.

Sementara Ketua ISSI Banyuwangi Guntur Priambodo mengatakan, hampir seluruh peserta dari berbagai provinsi sudah datang di Banyuwangi, bahkan beberapa hari terakhir sudah terlihat beberapa atlet mencoba track yang akan digunkan dalam Kejurnas.

"Pembalap sudah berdatangan di Banyuwangi, bahkan beberapa hari lalu. Banyak pembalap nasional yang turut dalam kejuaraan kali ini," kata Guntur. 

Kejurnas ini banyak diikuti oleh pembalap-pembalap nasional. Seperti Ayustina Delia Priatna, peraih emas Womens Road Individual Time Trial, Sea Games 2022. Selain itu Zaenal Fanani, peraih medali emas Sea Games 2021 kelas MTB Cross Country Olympic, serta pembalap-pembalap nasional lainnya. 

Dalam Kejurnas INC 2022, kompetisi akan diawali disiplin Road dengan nomor Individual Time Tria (ITT) yang dilaksanakan, Sabtu, (16/7/2022, start kantor PUDAM layanan Gambiran. 

Pada hari kedua mempertandingkan Criterium, dengan sart Pemkab Banyuwangi, Minggu (17/7/2022). Sementara individual road race (IRR) dengan start depan Pemkab Banyuwangi dan finish di Perkebunan Kalibendo, Senin (18/7/2022). Untuk disiplin MTB akan dimulai pada 20 hingga 24 Juli.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved