Jendela Dunia

Perang Belum Berakhir, Rusia Dikabarkan Bakal Lakukan Serangan Berikutnya Terhadap Ukraina

Kabar teranyar, pejabat militer Ukraina mengeklaim bahwa Rusia sedang mempersiapkan tahap serangan berikutnya.

Editor: Eko Darmoko
ANTARA FOTO/REUTERS/Umit Bektas/FOC/djo via Kompas.com
Sejumlah orang berseragam melempatkan berbagai benda ke api di depan gedung intelijen di unit Kementrian Pertahanan Ukraina, di Kyiv, Ukraina, Kamis (24/2/2022). 

SURYAMALANG.COM - Perang antara Rusia vs Ukraina masih berkecamuk hingga kini, dan belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Kabar teranyar, pejabat militer Ukraina mengeklaim bahwa Rusia sedang mempersiapkan tahap serangan berikutnya.

Diberitakan sebelumnya, Rusia mengatakan bahwa pasukannya akan meningkatkan operasi militer di semua wilayah operasional, tetapi Ukraina mulai terbantu dengan senjata-senjata yang dipasok negara-negara Barat.

"Ini bukan hanya serangan rudal dari udara dan laut," kata Vadym Skibitskyi juru bicara intelijen militer Ukraina pada Sabtu (16/7/2022) malam.

"Kita bisa melihat penembakan di sepanjang garis kontak, di sepanjang garis depan."

"Ada penggunaan aktif penerbangan taktis dan helikopter serang."

"Jelas persiapan sekarang sedang berlangsung untuk tahap serangan berikutnya," lanjut Vadym Skibitskyi dikutip Kompas.com dan SURYAMALANG.COM dari kantor berita Reuters.

Militer Ukraina menambahkan, Rusia tampaknya sedang menyusun kembali unit-unitnya untuk melakukan serangan terhadap Sloviansk, kota penting yang secara simbolis dikuasai oleh Ukraina di Donetsk, wilayah timur.

Kementerian Pertahanan Inggris pada Minggu (17/7/2022) berujar, Rusia juga memperkuat pertahanan di seluruh wilayah yang didudukinya di Ukraina selatan setelah mendapat tekanan dari pasukan Ukraina, dan sumpah dari para pemimpin Ukraina untuk mengusir Rusia.

Ukraina mengatakan, sedikitnya 40 orang tewas dalam penembakan Rusia di daerah perkotaan sejak Kamis (14/7/2022), seiring meningkatnya perang Rusia vs Ukraina yang dimulai pada 24 Februari.

Reuters melaporkan, puluhan kerabat dan penduduk setempat menghadiri pemakaman Liza Dmytrieva yang berusia empat tahun di kota Vinnytsia, Ukraina tengah, Minggu (17/7/2022).

Gadis itu tewas dalam serangan rudal di Vinnytsia pada Kamis (14/7/2022) bersama 23 orang lainnya, menurut otoritas Ukraina.

Sementara itu di selatan, lebih dari 50 roket Grad Rusia menghantam kota Nikopol di Sungai Dnipro dan menewaskan dua orang yang ditemukan di reruntuhan, kata Gubernur Valentyn Reznichenko.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, Rusia telah menggunakan lebih dari 3.000 rudal jelajah sejauh ini dan mustahil untuk menghitung jumlah artileri dan serangan lainnya.

Perang Rusia vs Ukraina memasuki hari ke-145 pada Senin (18/7/2022). Apa saja dampaknya ke Indonesia? Simak dalam video berikut ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Rusia Siapkan Tahap Serangan Berikutnya di Ukraina, Mulai Kewalahan Lawan Senjata Barat?

Update Google News SURYAMALANG.COM

 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved