Berita Batu Hari Ini

Tata Kelola Keuangan Daerah Kota Batu Dapat Nilai E dari Kemenkeu RI

Pemerintah Kota Batu Perlu meningkatkan kinerjanya di sektor tata Kelola Keuangan daerah, pelayanan umum, pelayanan dasar dan kesejahteraan masyarakat

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Pedagang hewan tengah menanti para pembeli di pasar yang berada di Kecamatan Batu, Kota Batu. Meskipun kondisi perekonomian dan pariwisata berangsur pulih, namun Kementerian Keuangan RI memberikan nilai E terhadap indeks pembangunan manusia di Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemerintah Kota Batu Perlu meningkatkan kinerjanya di sektor tata Kelola Keuangan daerah, pelayanan umum, pelayanan dasar dan kesejahteraan masyarakat.

Pasalnya, Kementerian Keuangan Republik Indonesia memberikan sejumlah nilai jelek terapan kinerja Kota Batu di sektor-sektor tersebut.

Kementerian Keuangan memberikan penilaian E terhadap Kemandirian Tata Kelola Keuangan Daerah Kota Batu. Kota Batu mendapatkan nilai 50 untuk kategori Kemandirian Daerah. Minimal, nilai kategori ini yakni 76.

Kategori Sistem Informasi Keuangan Daerah lebih parah. Dari angka minimal 95, Kota Batu hanya mendapatkan nilai 26. Dalam hal pelayanan dasar publik, angka partisipasi murni mendapatkan nilai C.

Peta mutu pendidikan di Kota Batu masuk kategori penilaian E. Kota Batu mengoleksi nilai 45 dari angka minimal 76. Penilaian E juga diberikan kepada sektor Balita yang mendapatkan imunisasi lengkap.

Penilaian terhadap persalinan di fasilitas kesehatan dan akses sanitasi layak mendapatkan nilai D. Angka minimalnya 76, sedangkan kedua sektor tersebut mendapatkan angka 60.

Pelayanan umum pemerintahan di bidang lingkungan hidup juga mendapatkan nilai E. Kementerian Keuangan juga memberikan nilai E terhadap indeks pembangunan manusia di Kota Batu.

Penurunan penduduk miskin mendapatkan nilai C. Dari angka minimal 76, Kota Batu mendapatkan angka 75. Sedangkan tingkat pengangguran terbuka mendapatkan nilai D. Angka minimal nya 76, Kota Batu mendapatkan angka 60. Sektor yang mendapatkan nilai A yakni pengelolaan air minum. Nilainya 100 dari angka minimal 76. 

Informasi tersebut dapat diakses di situs resmi Kementerian Keuangan pada laman Dana Insentif Daerah (DID). DID adalah dana yang bersumber dari APBN kepada daerah tertentu berdasarkan kriteria tertentu.

Tujuannya untuk memberikan penghargaan atas perbaikan dan/atau pencapaian kinerja tertentu di bidang tata kelola keuangan daerah, pelayanan umum pemerintahan, pelayanan dasar publik, dan/atau kesejahteraan masyarakat. 

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved