Berita Batu Hari Ini

25 Bakal Calon Kepala Desa di Kota Batu Ikuti Tes Terakhir

Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak Kota Batu menggelar tes tulis dan wawancara selama dua hari yang berakhir pada 27 Juli 2022.

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Seorang bakal calon kepala desa tengah menjalani tes wawancara. Sebanyak 25 orang mengikuti tes wawancara untuk bisa ditetapkan sebagai calon kepala desa. 

SURYAMALANG.COM, BATU – Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak Kota Batu menggelar tes tulis dan wawancara selama dua hari yang berakhir pada 27 Juli 2022.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Batu, Susetya Herawan mengatakan, para bakal calon kepala desa mengikuti tes tulis pada Selasa, (26/7/2022) dan tes wawancara Rabu (27/7/2022).

Ada lima desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak pada 2022. Lima desa yang berpartisipasi yakni Desa Pesanggrahan, Pandanrejo, Bulukerto, Sumbergondo dan Sumber Brantas.

"Tes tulis mengulas pengetahuan wawasan kebangsaan, pemahaman regulasi dan tata kelola pemerintah desa. Sedangkan tes wawancara sebagai pendalaman dari gagasan tes tulis yang dituangkan sehari sebelumnya,” ujar Herawan, Rabu (27/7/2022).

Serangkaian tes tersebut untuk mengukur kompetensi para bakal calon.

Serta melakukan pembobotan untuk menyeleksi dan menetapkan calon yang hanya dibatasi lima orang. 

Pembatasan lima kandidat calon mengacu pada amanat PP Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Serta Permendagri Nomor 112 tahun 2016 tentang Pilkades.

Pada tahun ini ada ada dua desa yang memiliki bakal calon kepala desa lebih dari lima orang.

Di Pandanrejo ada enam bakal calon, sementara di Pesanggrahan ada tujuh orang.

Panitia akan melakukan seleksi dan pembobotan dengan mempertimbangkan tiga aspek yakni pengalaman di bidang pemerintahan, jenjang pendidikan, dan usia.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved