Berita Malang Hari Ini

Gali Potensi Desa, Peserta KKN Unikama Diterjunkan di 21 Desa di Kabupaten Malang

Rektor Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) Dr Pieter Sahertian MSi melepas mahasiswa peserta KKN semester ganjil tahun akademik 2022/2023

suryamalang/sylvi
Rektor Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Dr Pieter Sahertian MSi melepas kegiatan KKN mahasiswa di empat kecamatan di Kabupaten Malang, Selasa (2/8/2022). Kegiatan berlangsung meriah dengan ditandai pelepasan balon dan pemberian kartu tanda peserta KKN pada dua mahasiswa. 

SURYAMALANG.COM|MALANG-Rektor Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) Dr Pieter Sahertian MSi melepas mahasiswa peserta KKN semester ganjil tahun akademik 2022/2023 pada Selasa (2/8/2022).

Kegiatan berlangsung meriah, ditandai pelepasan balon dan pemberian kartu tanda peserta KKN pada dua mahasiswa. 

Mereka menuju ke 21 desa di empat kecamatan di Kabupaten Malang untuk mengali potensi desa. Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian (DPPM) kepada Masyarakat Unikama, Dr Ir Enike Dwi Kusumawati SPt MP IPM menjelaskan empat kecamatan itu adalah Pakisaji, Singosari, Tajinan dan Wagir. 

"Semua di lingkar dekat kampus. Empat kecamatan itu mewakili wilayah utara, selatan, barat dan timur Kabupaten Malang," jelas Enike pada suryamalang.com.

Dari data, ada 777 mahasiswa. Rinciannya untuk KKN reguler ada 572 orang, KKN MBKM ada 127 orang. Dan ada 78 mahasiswa yang free form.

"Mahasiswa yang free form itu bebas KKN karena prestasi akademik mereka hingga memang tingkat nasional. Misalkan ikut PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) penerapan iptek pada masyarakat," jelas wanita berhijab ini.

Tema KKN adalah pembangunan desa berkelanjutan. Sehingga kegiatan KKN Unikama akan terus dilakukan hingga 2026.

Karena itu Rektor Unikama berpesan pada mahasiswa agar menjaga nama baik kampus selama KKN di 21 desa itu karena akan berkelanjutan, sehingga harus meninggalkan kesan positif.

"Jaga prokes karena Covid 19 naik lagi. Mahasiswa yang berangkat sehat, harus kembali sehat," ujar Rektor. Lama KKN reguler mulai 2 sampai 31 Agustus 2022. Sedang KKN MBKM mulai 2 sampai 30 November 2022. 

"Untuk KKN reguler akan dikonversi dengan 4 SKS. Sedang KKN MBKM dikonversi dengan 20 SKS. Dalam KKN MBKM nanti ada mata kuliah mata kuliah pendukung yang akan dikonversikan oleh prodi dalam lingkup KKN MKBM," tambah Enike.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved