Berita Malang Hari Ini

Hore, Bus Macito di Malang Bakal Bertambah Jadi 5 Unit

Bus wisata Malang City Tour di Kota Malang bakal bertambah menjadi lima unit, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang menambah dua unit bus Macito

suryamalang.com/Purwanto
Bus Macito saat mengaspal di jalanan Kota Malang. Bus wisata Malang City Tour di Kota Malang bakal bertambah menjadi lima unit, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang menambah dua unit bus Macito 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Keberadaan bus wisata Malang City Tour (Macito) di Kota Malang bakal bertambah menjadi lima unit.

Hal ini setelah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang bakal menambah dua unit bus Macito pada saat Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2022.

Sedangkan dua sisanya, akan disumbang secara langsung melalui bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari juragan 99.

Wali Kota Malang, Sutiaji menyampaikan, dengan rencana penambahan empat bus Macito tersebut, bakal ada lima bus Macito di Kota Malang.

"Yang satu sudah ada perencanaannya sebelum PAK, nah yang satu lagi ditambah di PAK ini anggarannya. Dishub ada tambahan Rp 400 juta untuk tambah unit Bus Macito," ucap Sutiaji

Sutiaji memiliki alasan tersendiri, kenapa ingin menganggarkan kembali bus Macito ini.

Padahal, Pemkot Malang sebelumnya telah memiliki dua unit bus Macito yang kini kondisinya mangkrak karena tak memiliki izin.

Hal tersebut disebabkan, karena biaya perbaikan dan renovasi yang cukup besar hingga mencapai Rp 800 juta untuk satu unit bus.

Sementara, untuk pembelian satu unit bus Macito baru, ditaksir sekitar Rp 1,2 Miliar, seperti halnya bus New Macito yang dilaunching pada 1 April 2022 kemarin.

"Semua program yang diputuskan teman yang dulu adalah yang terbaik. Hanya saja, dulu Macito belum dapat izin. Ketika sekarang dirombak, biayanya banyak. Banyak yang menyarankan ke kami tidak perlu direnovasi, lebih baik beli lagi," terang.

Sebagai informasi, Bus Macito kini berfungsi sebagai bus Wisata gratis bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Kota Malang.

Masyarakat yang ingin menaiki bus Macito ini, bisa datang langsung ke halte Bus Macito di dekat pintu masuk menuju Pasar Burung Splendid.

Bus Macito ini memiliki daya tampung hingga 26 penumpang untuk sekali jalan.

Saat naik Bus Macito ini, masyarakat dapat menikmati sejumlah spot-spot wisata di Kota Malang, serta menikmati suasana di Kota Malang. 

 

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved