Berita Malang Hari Ini

Pemkot Batu Berat Hati Menghapus Pegawai Non-PNS pada 2023 Mendatang

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko tampak dilema saat memberikan keterangan mengenai kebijakan penghapusan tenaga honorer.

surya/ahmad amru muiz
ILUSTRASI - Tenaga honorer Pemkot Batu. Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko tampak dilema saat memberikan keterangan mengenai kebijakan penghapusan tenaga honorer. 

SURYAMALANG.COM|BATU - Pemerintah Kota Batu berhati-hati sekali untuk memutuskan penghapusan tenaga honorer pada 2023 mendatang.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko tampak dilema saat memberikan keterangan mengenai kebijakan penghapusan tenaga honorer.

Dewanti berujar, keberadaan tenaga honorer sangat penting, utamanya di pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Penghapusan keberadaan mereka pun dipastikan akan membuat layanan di kedua sektor tersebut terkendala. Hingga saat ini, para tenaga honorer masih sangat dibutuhkan.

Di sisi lain, UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara telah mengatur penghapusan tenaga honorer. Sebagai gantinya, yakni ada dua pilihan, menjadi pegawai P3K atau PNS. 

"Untuk menjadi P3K atau PNS juga harus lolos seleksi," ujar Dewanti.

Setelah mengikuti rangkaian Apeksi di Sumatera Barat, Dewanti menyatakan nampaknya kebijakan penghapusan pegawai honorer dilakukan secara bertahap. Artinya, pengurangan tetap dilakukan karena sejauh ini, namun dilakukan tidak langsung.

"Jadi bagi mereka yang memasuki masa pensiun, ya pastinya ada tahapannya. Lalu juga bisa mendaftar di P3K. Kalau langsung dipotong, itu sangat berat," terangnya.

Dewanti seolah tidak dapat membayangkan jika saat ini langsung memutus para tenaga honorer di Kota Batu. Masih ada jangka waktu setahun lebih hingga 28 November 2023 untuk melaksanakan kebijakan.

''Kalau nanti sudah 2023 ya mau gimana lagi. Tapi setidaknya mulai dari sekarang kan harus ada evaluasi. Bagaimana cara agar mereka ini juga punya masa depan, jadi gal langsung diputus begitu saja,'' tuturnya.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved