KIB Luncurkan Visi dan Misi, Buka Peluang Keterlibatan Publik

Langkah Parpol Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang telah memunculkan visi misi dan gagasan ke publik sejak awal dinilai sebagai keputusan tepat.

surya.co.id/Yusron
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), terdiri dari Partai Golkar, PAN dan PPP itu telah resmi memperkenalkan visi dan gagasan 

SURYAMALANG.COM|SURABAYA - Langkah Parpol Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang telah memunculkan visi misi dan gagasan ke publik sejak awal dinilai sebagai keputusan tepat.

Hal ini dapat memberikan pendidikan politik kepada publik, dan parpol diharapkan membuka ruang masyarakat untuk terlibat. 

Sebelumnya, Ketua Umum tiga parpol KIB yakni Partai Golkar, PAN dan PPP berkumpul di Kota Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Mereka secara resmi meluncurkan Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN) sebagai gagasan dan visi misi yang mereka bawa ke depan. 

Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam menilai ke depan politik memang akan kian rumit dan penuh kompleksitas. Di samping, tantangan untuk menghapuskan politik identitas dalam kontestasi. 

"Politik gagasan akan lebih laku ketimbang politik identitas. Masyarakat pemilih kita kian cerdas dan terliterasi," kata Surokim yang pada pertemuan di Surabaya itu, turut diundang bersama kalangan akademisi lainnya dari sejumlah perguruan tinggi di Jawa Timur. 

Menurutnya, mengusung visi politik persatuan dan kebangkitan ekonomi nasional yang relevan dan kompatibel dengan kebutuhan politik kekinian dan masa depan memang penting.

Dengan munculnya gagasan sejak dini, masyarakat setidaknya bisa intens mencermati, mendiskusikan bahkan mengkritisi hal-hal rasional. 

"Peluang kepada publik untuk terlibat dan berpartisipasi lebih intens menaut, mendiskusikan dan mengkritisi gagasan-gagasan rasional politik kekinian dan itu selangkah lebih maju agar daya kritis masyarakat terwadahi," jelas Surokim yang juga peneliti senior Surabaya Survei Center. 

Sekalipun telah memiliki visi misi, KIB hingga saat ini memang belum membeberkan siapa calon yang akan diusung dari gerbong ini.

Termasuk pada pertemuan di Surabaya, para ketum parpol itu belum menyebut siapa figur yang didorong. 

Menanggapi ini, Surokim berpendapat KIB memang tinggal menentukan figur yang cocok dengan visi misi yang mereka bawa.

"Jika visi misi seperti ini bisa menemukan kandidat yang pas saya pikir ini akan menjadi langkah maju untuk pembangunan politik kita ke depannya," tuntas Surokim. 

(TribunJatim.com/Yusron Naufal Putra)

 

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved