Berita Batu Hari Ini

Warga Kelurahan Sisir Curiga, Gapura Biasa yang Dibangun Dinas Pariwisata Telan Dana Rp 71 Juta

Sebuah gapura di jalur masuk Jl Kawi, Kelurahan Sisir, Kota Batu menjadi perbincangan masyarakat sekitar.

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Gapura di jalur masuk Jl Kawi, Kelurahan Sisir, Kota Batu yang menjadi perbincangan masyarakat sekitar. Dinas Pariwisata Kota Batu mengucurkan Rp 71 juta untuk renovasi gapura ini. 

RYAMALANG.COM, BATU - Sebuah gapura di jalur masuk Jl Kawi, Kelurahan Sisir, Kota Batu menjadi perbincangan masyarakat sekitar.

Pasalnya, gapura itu menghabiskan dana Rp 71 juta, namun bentuknya biasa saja. Tidak ada yang istimewa, bahkan gapura tersebut dibangun terpisah, tidak terhubung antara tiang kiri dan kanannya. 

Baca juga: Penjelasan Dinas Pariwisata Kota Batu Soal Renovasi Gapura Kelurahan Sisir Seharga Rp 71 Juta

Sebuah papan informasi milik Dinas Pariwisata Kota Batu terpasang di balik semak-semak. Informasi di papan itu menyebut proyek pembangunan Ikon Selamat Datang Sendratari Arjuna Wiwaha.

Masyarakat sekitar menolak diksi pembangunan, pasalnya, sebelumnya sudah ada gapura yang berdiri, kemudian dipermak sehingga tampak baru. Masyarakat menyebut itu bukan pembangunan melainkan renovasi.

Pelaksana renovasi gapura tersebut adalah CV Sinar Purnama Gemilang, sementara pengawasnya adalah CV Tirta Adinugroho. Yusuf, warga Kelurahan Sisir mengaku heran dengan proses renovasi gapura itu.

Anggaran Rp 71 jut patut dipertanyakan, karena melihat bentuk gapura saat ini, nampaknya tidak sampai menghabiskan anggaran hingga Rp 71 juta.

"Kami tidak pernah menolak pembangunan, namun nilai anggaran yang sebanyak itu jadinya seperti itu. Apalagi kalau namanya membangun itu kan dimulai dari nol, lalu dibangun. Ini berbeda, sebelumnya sudah ada gapura di situ, pondasinya juga yang lama itu," ujarnya.

Yusuf mengaku sudah mengetahui rencana pembangunan tersebut.

Masyarakat juga sudah mendapatkan sosialisasi mengenai rencana pembangunan. Hanya saja, warga tidak pernah tahu anggaran yang akan digunakan membangun gapura tersebut.

Begitu gapura dibangun dan selesai, barulah diketahui kalau anggaran yang digunakan sebanyak Rp 71 juta. Selain anggaran yang tidak wajar, bentuk gapura juga menuai komentar.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved