Berita Batu Hari Ini

Proyek Parkir Elektronik Alun-alun Kota Batu Sulit Terealisasi pada 2022, Ini Alasannya

Rencana penerapan parkir elektronik di kawasan Alun-alun Kota Batu tampaknya belum bisa dilaksanakan pada tahun ini.

suryamalang.com/beni
Kawasan Alun-alun Kota Batu yang akan menerapkan parkir elektronik. Dishub menyelenggarakan parkir elektronik untuk memaksimalkan PAD dari sektor retribusi parkir tepi jalan. 

SURYAMALANG.COM|BATU - Rencana penerapan parkir elektronik di kawasan Alun-alun Kota Batu tampaknya belum bisa dilaksanakan pada tahun ini.

Pasalnya, kebijakan terbaru menyebut bahwa kerjasama pemerintahan dengan pihak ketiga terkait pendapatan diinstruksikan melalui lelang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, Imam Suryono saat dikonfirmasi oleh Surya, Rabu (24/8/2022). Imam menjelaskan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk mengeksekusi program pencanangan parkir elektronik.

"Aturannya masih ada di bagian hukum, saya menunggu regulasi dulu. Saya sudah sering menanyakan, katanya dalam beberapa  ini selesai. Hari ini terus. Saya kan menunggu regulasi," ujar Imam, Rabu (24/8/2022).

Sejatinya, perencanaan penerapan parkir elektronik telah disusun sedemikian rupa sedari dini oleh Dinas Perhubungan Kota Batu. Berubahnya regulasi membuat rencana yang telah disusun itu juga ikut berubah.

"Sekarang ada aturan kalau kerjasama pendapatan tidak perlu berdasarkan Permendagri, tapi langsung lelang. Ya sudah, habis ini saya lelang," tegas Imam.

Pelalangan akan direncanakan pada akhir tahun ini. Imam menyebut antara November atau Desember 2022. Pada awal tahun 2023, proyek bisa dikerjakan. Imam nampak berat hati karan program harus dimulai dari awal lagi.
 
"Ya, akan dimulai dari awal lagi. Aturan baru ini keluar pada Juli akhir kalau tidak salah. Kalau dikerjakan tahun ini, tinggal berapa bulan lagi, tidak cukup waktu. Akhir tahun ini diupayakan dilelang, Awal tahun dikerjakan," ungkapnya.

Dinas Perhubungan akan menyiapkan segala sesuatunya untuk persiapan lelang. Akibat belum bisa terlaksanakannya program parkir elektronik di kawasan Alun-alun Kota Batu tahun ini, pembayaran parkir di lokasi masih bersifat manual.

"Sebetulnya juga bisa membayar melalui aplikasi yang telah kami sosialisasikan. Beberapa laporan juga menunjukan ada warga yang membayar melalui aplikasi," katanya.

Imam akan menanti hingga regulasi benar-benar telah selesai. Lalu melakukan lelang. Ia tidak akan mengambil risiko melangkah tanpa ada dasar regulasi.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved