Berita Jember Hari Ini

Hiu Sepanjang 8 Meter Terdampar di Laut Selatan Jember

Seekor Hiu Tutul  atau Hiu Paus (Rhincodon typus) terdampar di pantai Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu, Minggu (28/8/2022).

surya.co.id/sri wahyuni
Seekor Hiu Tutul / Hiu Paus (Rhincodon typus) terdampar di pantai Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu, Minggu (28/8/2022). Senin (29/8/2022) pagi ini 

SURYAMALANG.COM|JEMBER - Seekor Hiu Tutul  atau Hiu Paus (Rhincodon typus) terdampar di pantai Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu, Minggu (28/8/2022).

Senin (29/8/2022) pagi ini, petugas gabungan dibantu warga bakal menguburkan hiu bermotif polkadot sehingga kerap disebut Hiu Tutul itu.

"Kami akan menguburkan pagi ini," ujar Kepala Satpolair Polres Jember AKP M Na'i, Senin (29/8/2022).

Na'i menceritakan, pihaknya mendapatkan laporan keberadaan hiu tersebut pada pukul 11.00 Wib, Minggu (28/8/2022). Hiu Tutul itu ditemukan nelayan sekitar yang hendak melaut.

"Kondisi hiu sudah mati. Kemungkinan terdampar sejak malam harinya," imbuh Na'i.

Setelah warga menemukan hiu yang sudah mati itu, warga melapor ke polisi. Polisi meneruskan informasi itu ke BKSDA, juga dinas terkait.

Petugas gabungan melakukan penelitian terhadap bangkai hiu itu. Diketahui, panjang hiu sekitar 8 meter, dengan bobot 1,5 ton, dan sudah mati.

Na'i menambahkan, petugas tidak bisa menguburkan bangkai hiu itu karena kondisi ombak sedang pasang. Posisi bangkai hiu juga berada dekat dengan kawasan yang bisa dijangkau lidah ombak.

Sehingga petugas gabungan memutuskan bakal menguburkan pagi ini. Hingga pukul 07.00 Wib, pagi tadi, hiu itu masih berada di tepian pantai.

Peristiwa terdamparnya Hiu Tutul/Paus di kawasan pantai di Kecamatan Ambulu ini berbarengan dengan hal serupa di Pantai Mbah Drajid Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun, Lumajang. Kemarin, seekor Hiu Tutul/Paus juga ditemukan terdampar di pantai tersebut.

Hiu awalnya ditemukan masih hidup, dan warga berupaya mengembalikan ke laut. Namun upaya itu sulit, sehingga hewan dalam kategori dilindungi itu mati.

Sebelumnya di Jember, hiu serupa juga terdampar yakni pada 14 Juli 2022. Hiu itu terdampar di Pantai Nyamplong Kobong Kecamatan Gumukmas, Jember.

Tiga lokasi di atar, baik yang ada di Jember maupun Lumajang merupakan kawasan Laut Selatan Jawa.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved