Berita Batu Hari Ini

Ketua Dekopin Sebut Kenaikan Tarif Cukai dan BBM Picu Kemiskinan Ekstrem

Ketua Dekopin Sri Untari Bisowarno berpendapat, kebijakan kenaikan tarif cukai hasil tembakau dan rencana kenaikan BBM akan memicu kemiskinan ekstrem

suryamalang.com/Benni Indo
Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari Bisowarno dan Ketua Umum Akrindo Sriyadi Purnomo saat menghadiri kongres Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia (Akrindo) di Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM|BATU – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari Bisowarno berpendapat, kebijakan kenaikan tarif cukai hasil tembakau dan rencana kenaikan BBM akan memicu kemiskinan ekstrem.

Menurutnya, kebijakan tersebut bisa menjadi blunder karena kondisi saat ini belum memungkinkan.

"Persoalan ini jangan sampai blunder sehingga para pekerja tidak lagi bekerja atau. Jika itu terjadi, maka akan menambah kemiskinan ekstrem," tegas Sri Untari, Jumat (2/9/2022).

Menurut Untari, kebijakan kenaikan tarif cukai juga ambigu. Hal tersebut ia katakan saat menghadiri kongres Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia (Akrindo) di Kota Batu.

Menurutnya, yang ambigu tersebut ialah ada larangan merokok dari pemerintah, namun cukai rokok jadi penghasilan yang sangat besar bagi negara.

Ia berpendapat agar pemerintah di tingkat pusat melakukan kajian komprehensif. Sebab cukai rokok menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Cukai ini hilir. Hulunya petani tembakau, petani cengkih, pekerja pabrik rokok dan industri skala tradisional. Cukai rokok ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Kita butuh masyarakat tetap bekerja," kata Untari yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, DPRD Jawa Timur.

Bekerja menggunakan keterampilan tangan di usaha rokok banyak diminati dan menjadi usaha padat karya.

Itu sebabnya industri rokok memiliki kemanfaatan sangat besar karena padat karya mempekerjakan ribuan perempuan.

Bila cukainya dinaikkan, harga produk ikut naik. Dampaknya, beban perusahaan jadi tinggi, kesejahteraan pekerja pun menjadi berkurang.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved