Berita Batu Hari Ini

Perumdam Among Tirto Terus Dorong Peran Masyarakat Jaga Sumber Air di Kota Batu

Konservasi sumber air di Kota Batu membutuhkan partisipasi masyarakat. Jumlah sumber air yang meyusut, dari 111 titik menjadi 58 harus direspon serius

suryamalang.com/Benni Indo
Sejumlah aktivis peduli lingkungan berkumpul bersama di lingkungan Sumber Air Umbul Gemulo saat memperingati ulang tahun ke-41 Walhi. Dalam pertemuan itu, mereka membahas pentingnya keberadaan sumber air untuk kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. 

SURYAMALANG.COM|BATU - Konservasi sumber air di Kota Batu membutuhkan partisipasi masyarakat. Jumlah sumber air yang meyusut, dari 111 titik menjadi 58 harus direspon serius demi keberlangsungan hidup masyarakat.

Direktur Utama Perumdam Among Tirto, Edi Sunaedi mengungkapkan, air menjadi kebutuhan utama manusia.

Setiap hari, manusia membutuhkan air. Maka dari itu, keberadaannya sangat penting, utamanya sumber-sumber yang mengeluarkan air.

Upaya mengajak masyarakat untuk turut serta melindungi sumber air didorong oleh Perumdam Among Tirto dalam bentuk kerja-kerja kolaborasi.

Perumdam Among Tirto telah memulai gerakan penghijauan maupun pembuatan biopori sebagai area resapan air.

ancaman krisis air bawah tanah dapat dihindari. Kata Edi, melalui langkah partisipatif bersama masyarakat, gerakan seperti itu akan membawa dampak yang positif.

"Kami mengajak pembuatan biopori di halaman rumahnya masing-masing. Ini giat menjaga ekosistem lingkungan kita agar terhindar dari ancaman krisis air," papar Sokek sapaan akrabnya, Selasa (6/9/2022).

Pembuatan sumur resapan dan biopori sebetulnya sudah dituangkan dalam Perwali Kota Batu Nomor 21 Tahun 2015. Namun regulasi itu belum berjalan maksimal.

Regulasi tersebut belum bisa menggerakan masyarakat secara aktif. Perlu stimulus dan dorongan agar masyarakat luas bergerak.

Sokek menuturkan, pendekatan sosio kultural didasarkan pada kearifan lokal setempat menjadi kunci utama untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dalam konservasi sumber air.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved