Berita Batu Hari Ini

Serapan Anggaran Pemkot Batu Rendah, Ini Alasan Wakil Wali Kota Batu

Serapan belanja APBD Kota Batu tahun 2022 jelang hingga akhir Agustus 2022 tercatat mencapai 37 persen.

Diskominfo Kota Batu
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso saat meninjau proses pembangunan Pasar Induk Among Tani. 

SURYAMALANG.COM|BATU - Serapan belanja APBD Kota Batu 2022 jelang hingga akhir Agustus 2022 tercatat mencapai 37 persen.

Data realisasi APBD Kota Batu per 25 Agustus 2022 mencapai Rp 432 miliar dari anggaran belanja Rp 1,1 triliun. 

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menyatakan rendahnya serapan karena banyak pekerjaan besar yang belum tuntas pembayarannya karena masih dalam proses pengerjaan di lokasi.

Ia membantah rendahnya serapan dikarenakan dinas kurang bekerja efektif.

"Rendahnya serapan karena bukan program di tiap OPD tidak jalan, memang pekerjaan besar tengah berjalan. Artinya semua pekerjaan sudah naik lelang dan sedang dikerjakan oleh pihak rekanan," ujar Punjul, Selasa (6/9/2022).

Sejumlah dinas yang memilki anggaran cukup besar dan sedang dalam pengerjaan antara lain Disperkim dan DPUPR.

Kedua dinas tersebut memiliki program prioritas seperti pembangunan Tempat Uji KIR senilai 4,5 miliar, SMPN 7 senilai Rp 5,9 miliar.

Peningkatan ruas jalan Klerek-Torongrejo Rp 2,6 miliar dan Pembangunan lanjutan Jalan Tembus Sisir-Pandanrejo senilai Rp 4 miliar. 

Disperkim memiliki anggaran Rp 74,3 miliar dan terealisasi 6,9 persen atau Rp 5,1 miliar, Dinas PUPR memiliki anggaran Rp 74,3 miliar dan terealisasi 18,6 persen atau Rp 13,8 miliar sedangkan  Dinas Tenaga Kerja memiliki anggaran Rp 2,9 miliar yang terealisasi 21,1 persen dari Rp 618,1 juta.

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat menyatakan beberapa program prioritas tengah dikerjakan saat ini. Di antaranya peningkatan ruas jalan Dusun Klerek-Torongrejo dianggarkan dari APBD Kota Batu 2022 dengan pagu Rp 2,6 miliar dan pembangunan jalan tembus Sisir-Pandarejo senilai Rp 4 miliar yang mulai dikerjakan.

Selain peningkatan ruas jalan Dusun Klerek - Torongrejo. Dalam APBD tahun 2022 ini DPUPR Kota Batu juga melakukan peningkatan Ruas Jalan Lesti - Sumberejo (Indragiri Gg. 17) senilai Rp 4 miliar dan Peningkatan Ruas Jalan Dadaprejo - Junrejo senilai Rp 2 miliar. 

"Kami optimis dari program prioritas di DPUPR bisa diselesaikan seluruhnya tahun ini sesuai instruksi Bu Wali. Dengan begitu serapan belanja bisa lebih dari 90 persen seperti tahun-tahun sebelumnya," tegas Ketua PII Kota Batu ini. (Benni Indo)

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved