Berita Malang Hari Ini

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Dua Desa di Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang

Banjir menerjang Desa Sitiarjo dan Desa Kedung Banteng, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang pada Minggu (11/9/2022).

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Erwin Wicaksono
Banjir menerjang Desa Sitiarjo dan Desa Kedung Banteng, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang pada Minggu (11/9/2022). 

SURYAMALANG.COM, MALANG  - Banjir menerjang Desa Sitiarjo dan Desa Kedung Banteng, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang pada Minggu (11/9/2022).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan menjelaskan hujan intensitas tinggi sejak Sabtu (10/9/2022) diduga jadi pemicu terjadinya banjir di dua desa wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan tersebut.

"Alhasil berdampak pada debit air di sungai Panguluran di Desa Sitiarjo meningkat dan terjadi luapan air dan berdampak ke beberapa rumah warga. Genangan air setinggi 20 cm hingga 1 meter dan terjadi longsor di Desa Kedungbanteng," terang Sadono ketika dikonfirmasi.

Sadono mengatakan dampak banjir cukup masif.

Di Sitiarjo setidaknya terdapat 28 rumah terdampak banjir.

"Sedangkan di Desa Kedung Banteng berdampak pada teras rumah warga longsor pada pondasinya serta poros Jalan longsor bahu jalan," tuturnya.

Terakhir, Sadono mengatakan jika tim reaksi cepat masih berada di lokasi untuk melakukan pendataan dan mitigasi banjir.

"BPBD Kabupaten Malang, PMI Kabupaten Malang, Tagana Sumbermanjing Wetan, Tim Tangguh Bencana Sitiarjo, Koramil 0818/16 Sumbermanjing Wetan, polsek dan perangkat pemerintah setempat terus melakukan penanganan banjir hingga kini," tutupnya.

“Saat ini tim masih melakukan pendataan,” ujarnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved