Berita Malang Hari Ini

Forum Penyelamat Sumber Pitu Tumpang Protes Adanya Dugaan Eksploitasi Sumber Air oleh Kota Malang

Forum Penyelamat Sumber Pitu mengajak perusahaan daerah air minum, PDAM Kota Malang untuk duduk bersama dalam mencari solusi bagi masyarakat

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: Dyan Rekohadi
benni indo
ILUSTRASI - Mata air Sumber Pitu di Tumpang, Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Forum Penyelamat Sumber Pitu mengendus adanya dugaan eksploitasi Sumber Pitu, Tumpang, Kabupaten Malang oleh perusahaan daerah air minum di Kota Malang.

Koordinator Advokasi Forum Penyelamat Sumber Pitu, Zulham Ahmad Mubarok mendesak pihak-pihak terkait untuk mengakaji ulang ambang batas eksploitasi Sumber Pitu yang dirasa merugikan petani.

"Kami menolak eksploitasi untuk kepentingan komersil semata. Kami mendesak adanya kajian ulang batas eksploitasi Sumber Pitu agar tidak merugikan petani di 11 desa terdampak sekitar Sumber Pitu," beber Zulham ketika dikonfirmasi.

Zulham pun mengajak perusahaan daerah air mium Kota Malang untuk duduk bersama dalam mencari solusi bagi masyarakat yang selama ini menggunakan air aliran Sungai Kali Lajing dari hulu hingga hilir tersebut.

Di sisi lain, Bupati Malang, Muhammad Sanusi berpesan kepada pengelola air terkait agar melakukan pengambilan air sesuai kesepakatan dan aturan yang berlaku.

Sansi menyebut, pihaknya sifatnya mendukung dan mendorong pelaksanaan sesuai dengan aturan saja.

"Soal SIPA (surat izin pemanfaatan air) kalau perlu diperpanjang atau tidak, itu teknis. Nanti ke Pak Sekda dan Perumda Tirta Kanjuruhan."

"Kota Malang bisa berupaya bagaimana mencukupi itu tanpa harus mengambil dari sana (Sumber Pitu). Itu tadi langkah tegas. Apa pun yang dilakukan PDAM akan kita dukung, asalkan sesuai aturan," tutup Sanusi.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved