Berita Batu Hari Ini

Pemkot Batu akan Merangking ASN untuk Mengetahui Kapasitas dan Kecakapan Sesuai Bidang

Pemerintahan Kota Batu melalui Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) akan merangking ASN untuk mengetahui kapasitas dan kecakapan mereka

suryamalang.com/Benni Indo
Para ASN di Pemkot Batu melaksanakan apel pagi di halaman depan Balai Kota Among Tani. BKPSDM merencanakan perangkingan atau pemeringkatan bagi ASN untuk meningkatkan kinerja mereka sesuai bidang yang dikuasai. 

SURYAMALANG.COM|BATU – Pemerintahan Kota Batu melalui Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) akan merangking ASN untuk mengetahui kapasitas dan kecakapan mereka.

Rencana, perangkingan ini akan dilaksanakan pada Oktober 2022.

Kepala BKPSDM Kota Batu, M Nur Adhim menyatakan, perangkingan tersebut merupakan upaya meningkatkan kinerja ASN di Balai Kota Among Tani.

Pihaknya akan bekerjasama dengan lembaga pendidikan untuk memfasilitasi para ASN.

Lembaga pendidikan tersebut memiliki sarana dan prasarana pendukung yang bisa menampung peserta banyak.

"Ruang khusus tersebut digunakan untuk asesmen seluruh pegawai Pemkot Batu. Tujuannya agar bisa mengarahkan potensi yang dimiliki,” ujarnya, Selasa (13/9/2022).

Saat ini, BKPSDM Kota Batu memiliki dua asesor. Pemkot Batu akan berkoordinasi dengan Provinsi Jawa Timur untuk menambah asesor.

Adhim menerangkan, dibutuhkan tujuh asesor untuk mengasesmen 25 orang. BKPSDM rencananya akan meminta bantuan lima orang asesor dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Ketika rapor sudah keluar, BKPSDM bisa melihat kapasitas pegawai sehingga bisa ditempatkan pada bidangnya masing-masing. Ada rumus dalam rapor yang digunakan yaitu nine box atau disebut talent pool.

“Artinya, setiap pegawai bakal dikelompokkan sesuai nilai rapor,” ujarnya,

Ada sembilang kotak untuk pengelompokan pegawai. Pegawai potensial bakal diletakkan di kotak nomor tiga, lima dan tujuh. ASN yang memiliki nilai potensial sekali atau tertinggi di letakkan pada kotak sembilan, delapan dan tujuh. Sementara nilai rendah atau tidak potensial akan dimasukan ke kotak nomor satu, dua dan empat.

BKPSDM juga akan menggelar kegiatan pelatihan pembelajaran kepada ASN dengan berbagai pengetahuan yang dibutuhkan oleh pegawai dalam melaksanakan tugas.

Pemateri dari pejabat internal BKPSDM yang membidangi, Kepala SKPD sesuai bidang materi, pejabat dari KASN, pejabat dari BKN, dan profesional.

Pelatihan bagi ASN tersebut akan dilaksanakan sebanyak dua kali dalam seminggu. Materinya disesuaikan dengan kebutuhan.

"Jadi nanti pegawai yang potensial akan dikembangkan jadi lebih baik, yang sudah baik akan diarahkan. Lalu yang memiliki nilai rendah akan diberi materi-materi hingga bimbingan konseling. Ini untuk mewujudkan kinerja ASN yang lebih baik,” tegasnya. (Benni Indo)

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved