Berita Batu Hari Ini

Harga Pupuk Mahal, Indonesia Harus Siapkan Ketahanan Pangan 2023

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo menyebut ketahanan pangan Indonesia pada 2023 harus dihadapi secara serius.

Diskominfo Kota Batu
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo berpendapat Indonesia tidak boleh terlalu percaya diri dan harus siap menghadapi kondisi apapun terkait ketahanan pangan pada 2023 mendatang. 

SURYAMALANG.COM|BATU - Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo menyebut ketahanan pangan Indonesia pada 2023 harus dihadapi secara serius.

Dia mengatakan kondisi produksi pangan nasional diprediksi aman pada 2022 ini. Namun, menurutnya Indonesia tidak boleh terlalu percaya diri dan harus siap menghadapi kondisi apapun pada 2023 mendatang.

Harga pupuk mulai mahal akibat perang Rusia melawan Ukraina. Pasalnya, sumber fosfat dan kalium ada di negara yang sedang berperang tersebut.

Syahrul cukup yakin bahwa kondisi pertanian di Indonesia tetap kokoh. Alam yang subur dan cahaya matahari yang melimpah mendukung ketahanan pangan Indonesia.

Selama tiga tahun terakhir, Indonesia sudah tidak melakukan impor beras. SYL bahkan menargetkan pada tahun 2023, Indonesia bisa melakukan swasembada jagung.

"Tiga tahun kita tidak impor, 2020 kelebihan stok. Sekarang juga over stok. Kita telah swasembada beras, tahun depan harus swasembada jagung," ujarnya.

Pada 14 Agustus 2022, Indonesia mendapatkan penghargaan Certificate of Aknowledgement  dari International Rice Research Institute (IRRI), sebuah Lembaga penelitian padi terpercaya di tingkat internasional.

Sertifikat itu diberikan atas keberhasilan Indonesia dalam swasembada beras pada tahun 2019-2021.

Indonesia menurut IRRI telah berhasil mencapai swasembada beras karena sukses membangun sistem pertanian dan pangan, serta mengimplementasikan teknologi dan inovasi beras. 

Hal itu disampaikan Yusril saat memberi sambutan dan membuka kegiatan Rembug Utama Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional (KTNA) di Kota Batu, Jumat (16/9/2022).

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved