Berita Malang Hari Ini

Fungsi Duta Generasi Berencana di Kota Malang, Untuk Minimalisir Angka Stunting dan Pernikahan Dini

Fungsi Duta Generasi Berencana di Kota Malang, Untuk Minimalisir Angka Stunting dan Pernikahan Dini

SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
Penny Indriani 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Guna meminimalisir angka stunting dan bahaya pernikahan dini, Pemerintah Kota Malang kini telah memiliki Duta Generasi Berencana (Genre).

Duta Genre ini merupakan remaja, yang telah ditunjuk untuk menjadi motivator dalam memberikan wawasan mengenai pernikahan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang, Penny Indriani mengatakan, bahwa pelantikan Duta Genre di Kota Malang ini telah dilakukan di akhir 2021 lalu.

"Sebenarnya kami sudah melakukan pelantikan Duta GenRe akhir tahun kemarin. Diusulkan di tingkat provinsi tahun ini. Di provinsi masih sampai juara harapan belum sampai juara," ucapnya.

Dia menyampaikan, bahwa melalui Duta Genre ini diharapkan, dapat memberikan pemahaman kepada remaja, terutama terkait pernikahan dan generasi yang terencana.

Hal ini yang nantinya dapat meminimalisir angka stunting, dan bahaya seks bebas serta penularan HIV/AIDS.

Alasan remaja ini dipilih, agar nantinya pesan yang disampaikan bisa lebih mengena kepada sesama remaja.

"Tujuan kami agar para remaja ini mengetahui apa sih genereasi yang berencana. Kapan menikah, kapan punya anak, terkomunikasi lewat sini. Jadi lewat anak remaja biar informasinya lebih mudah diterima," terangnya.

Berdasarkan pendataan dari Dinsos-P3AP2KB Kota Malang pada 2021 kemarin, jumlah Duta Genre sekitar 27 orang.

Mereka tersebut di masing-masing kecamatan. Selain itu, Duta Genre ini juga menjalin kerja sama dengan PKK untuk membantu melakukan sosialisasi mengenai stunting dan pernikahan dini.

"Untuk saat ini, kami masih belum melakukan pendataan lagi. Karena kami masih berburu stunting. Kerja sama dengan Kementerian Agama mengenai, pendewasaan usia perkawinan, ini kami manfaatkan Duta Genre untuk menjadi penjembatan ke anak-anak remaja lainnya," tandasnya.

Update Google News SURYAMALANG.COM

 

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved