Honda DBL with KFC 2022

Srikandi SMAN 8 Malang Hadapi SMAN 1 Blitar di Final Honda DBL with KFC 2022

Srikandi Smarihasta (julukan SMAN 8 Malang) akan menghadapi SMAN 1 Blitar (Smasa) pada final party yang akan digelar di GOR Bimasakti, sore ini (19/9)

Editor: Adrianus Adhi
DBL Indonesia
SMAN 8 Malang akan menghadapi SMAN 1 Blitar (Smasa) pada final party yang akan digelar di GOR Bimasakti, Senin sore ini (19/9) 

SURYAMALANG.COM - TIM putri SMAN 8 Malang menjadi satu-satunya perwakilan sekolah dari kota tuan rumah penyelenggaraan Honda DBL with KFC 2022 East Java Series - South Region. Srikandi Smarihasta (julukan SMAN 8 Malang) akan menghadapi SMAN 1 Blitar (Smasa) pada final party yang akan digelar di GOR Bimasakti, sore ini (19/9). Sementara slot untuk final putra diisi oleh dua sekolah yang sama-sama berasal dari Blitar.

Ada harapan yang begitu besar bersandar di pundak para srikandi Smarihasta sekarang. Demi menjaga tradisi hegemoni wakil Malang Raya pada liga basket pelajar terbesar ini. Tak hanya menjadi champion di South Region. Namun juga agar mampu berbicara pada fase bergengsi, Championship Series, yang akan berlangsung di DBL Arena Surabaya pada 26 Oktober hingga 1 Oktober mendatang.

Siapapun yang akan keluar sebagai champion atau runner-up pada final party di GOR Bimasakti hari ini, akan mewakili South Region bersaing dengan tim putri berstatus finalis dari tiga region lainnya pada Championship Series nanti.

Sejauh ini, dua region yang telah selesai pelaksanaannya dan mendapatkan wakil. Dari West Region yang digelar di Madiun pada 5-9 September lalu, meloloskan SMAN 1 Madiun (champion) dan SMAN 2 Ngawi (Runner-up). Sedangkan East Region yang berlangsung di Jember pada 12-16 September lalu mengirimkan tim putri SMAN 1 Jember (champion) dan SMA St. Paulus Jember (Runner-up). Sedangkan Seri Surabaya (North Region) baru akan mendapatkan wakil champion dan runner-up setelah digelar final party Selasa (20/9) besok.

Sebagai wakil kebanggaan Malang Raya, tim putri Smarihasta memiliki track record yang cukup mentereng di ajang Honda DBL with KFC Seri Jawa Timur. Sekolah ini tercatat dua kali tampil sebagai champion Seri Jatim, masing-masing pada edisi 2017 dan 2018 silam.

Sebelum bersaing di Championship Series nanti. Smarihasta harus memupuk rasa percaya diri mereka dengan meredam potensi kejutan dari putri Smasa Blitar di final party South Region sore ini. Sebelum tampil di final, Smarihasta pernah menyingkirkan wakil Blitar lainnya. Yakni, SMAN 3Blitar yang dihadapi pada perempatfinal, 16 September lalu. Dengan keunggulan tipis 33-32.

”Anak-anak menunjukkan performa yang makin meningkat dari beberapa game yang telah kami lalui. Sudah menjalankan taktik seperti yang saya harapkan dan tidak banyak lagi melakukan kesalahan fatal. Saya rasa mereka sudah siap all out di final nanti,” ujar coach Juni Adi Cahyanto, pelatih putri Smarihasta.

Sementara itu, walau awalnya kurang diperhitungkan ternyata putri Smasa Blitar berhasil membuat kejutan besar lolos hingga ke final South Region. Tim polesan Andy Setiawan Ongkowijoyo ini ditunjang materi pemain yang merata serta memiliki kedalaman skuad yang sangat menjanjikan. Mengandalkan kolektivitas sebagai sebuah tim.

Mental tanding putri Smasa Blitar juga tak ciut ketika harus menghadapi teror suporter lawan, meski harus bermain di GOR Bimasakti. Itu mereka buktikan saat menyingkirkan SMAN 3 Malang dengan skor 62-48 di semifinal, 17 September lalu.

”Yang terpenting anak-anak harus fokus pada game. Dan yang paling penting adalah bagaimana defense kami harus benar-benar solid,” ungkap coach Andy

Laga final putri South Region ini selain bisa ditonton langsung di GOR Bimasakti juga bisa disaksikan livestreaming secara eksklusif melalui channel YouTube KUY Entertainment mulai pukul 13.00 WIB. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved