Berita Malang Hari Ini

Polinema Kembangkan Energi Terbarukan, Listrik Bertenaga Angin dan Matahari

Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengembangkan Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid dari bayu (angin) dan surya (matahari)

suryamalang.com/Purwanto
Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengembangkan energi terbarukan dengan Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid dari bayu (angin) dan surya (matahari). Dengan teknologi seperti ini cocok untuk pemenuhan listrik pada daerah terpencil termasuk kawasan hutan. Sehingga masyarakat sekitar hutan bisa mengembangkan ekonominya karena ada listrik. 

SURYAMALANG.COM|MALANG-Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengembangkan energi terbarukan dengan Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid dari bayu (angin) dan surya (matahari).

Teknologi ini cocok diterapkan untuk pemenuhan listrik pada daerah terpencil termasuk kawasan hutan.

Dengan adanya listrik, masyarakat sekitar hutan bisa mengembangkan ekonominya. 

Saat ini, di kampus Polinema saat ini telah terpasang dua prototipe.

Prototipe pembangkit listrik hybrid yang terdiri atas Tenaga Bayu Tipe Savonius 100 W dan Tenaga Surya 2x100 Wp dan  prototipe pembangkit listrik hybrid Tenaga Bayu Tipe Darrieus 100 W dan tenaga surya 4x50 Wp.

Pengembangan teknologi ini telah dimulai sejak 2017, hingga tahun ini.

"Daya keluaran dari pembangkit listrik hybrid ini telah dimanfaatkan untuk keperluan penerangan serta pengisian daya untuk baterei laptop dan handphone," jelas Mohammad Noor Hidayat ST MSc PhD, dosen Polinema dari  Grup Riset Sistem Tenaga Listrik - Prodi Teknik Listrik & Prodi Sistem Kelistrikan pada wartawan, Senin (19/9/2022).

Selain di dalam kampus, pengembangan teknologi ini juga dilakukan di luar kampus. Antara lain di Javan Langur Centre, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kegiatan ini dimulai sejak 2018 sampai 2021. Serta di Coban Tarzan yang ada di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang sejak 2020 sampai 2022.

Serat di Balai Penelitian Tanaman 

Pemanis dan Serat (Balittas) yang berlokasi di Jalan Raya Karangploso, Kabupaten Malang untuk pompa air.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved