Berita Malang Hari Ini

Mahasiswa Inbound di Unisma Naik 100 Persen, Datang dari 36 Perguruan Tinggi

Universitas Islam Malang (Unisma) melakukan penyambutan pada 80 mahasiswa inbound, Selasa (20/9/2022) di lantai 8 gedung Pascasarjana.

suryamalang/sylvi
80 Mahasiswa dari 36 perguruan tinggi di Indonesia menjalankan inbound di Unisma selama satu semester. Penyambutan mahasiswa dilakukan, Selasa (20/9/2022) sebelum memulai perkuliahan pada Rabu (21/9/2022) 

SURYAMALANG.COM|MALANG-Universitas Islam Malang (Unisma) melakukan penyambutan pada 80 mahasiswa inbound, Selasa (20/9/2022) di lantai 8 gedung Pascasarjana.

Sebanyak 75 mahasiswa dari PMMDN (Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri) dan sebanyak lima orang program PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) dari Universitas Abdurab Riau. 80 Mahasiswa itu dari 36 PTN dan PTS di Indonesia.


"Angkatan kedua ini naik 100 persen. Sebelumnya kami menerima 40 mahasiswa pada 2021," jelas Indra Mustofa MPDi, Penanggung jawab inbound PPMDN 2022 di Unisma. Sedang mahasiswa Unisma yang melakukan outbond ada 58 orang ke 27 PT di Indonesia. Mahasiswa inbound ditempatkan di rusunawa kampus. Sehingga dalam menjalankan aktifitas di kampus tinggal jalan kaki. 


80 Mahasiswa itu tersebar di 20 prodi yang ada. Khusus lima mahasiswa PKKM di Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik. Kegiatan perkuliahan mereka mulai 21 September 2022 sampai Januari 2023. Mahasiswq akan bersama dengan mahasiswa Unisma lainnya untuk bertukar budaya dan pengalaman.


"Unisma digandrungi mahasiswa Indonesia," kesan Wakil Rektor I Unisma Prof Junaidi dalam sambutannya. Untuk kegiatan ini, mahasiswa direkognisi 20 SKS. Sebanyak 16 SKS untuk menempuh mata kuliah reguler. Dan 4 SKS untuk modul nusantara. Berbagai kegiatan sudah disiapkan bagi mahasiswa untuk modul nusantara. Juga ada dosen pengampuhnya.


Tujuan meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa ini sejalan dengan program di Unisma. "Disini mahasiswa dikembangkan tiga  karakter dasarnya. Yaitu keilmuan, keagamaan dan kebangsaan sehingga menambah nilai kebhinekaan, kebangsaan dan menciptakan rasa cinta tanah air sehingga bangga sebagai bangsa Indonesia.
 
Ahmad Aripudin dari Universitas Jambi dan Saranti Hay dari  Universitas Nusa Cendana Kupang didapuk untuk memberikan sambutan mewakili mahasiswa inbound. "Meski berbeda-beda suku, namun kita semua bersaudara. Semoga pengalaman baik di kegiatan ini memberikan ilmu dan motivasi," kata Saranti. Sedang Aripudin merasa senang mendapat rumah baru di kampus Unisma. Ia kemudian mengajak peserta yang hadir untuk bersholawat bersama.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved