Berita Malang Hari Ini

Dosen ITN Malang Ajari Bikin Batik dengan Pewarna Alami pada Tiga Mitranya

Tiga dosen Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengajari membatik dan membuat pewarna alami nabati

suryamalang/sylvi
Tiga dosen Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengajari membatik dan membuat pewarna alami nabati kepada masyarakat, serta pemasaran batik secara digital. 

SURYAMALANG.COM|MALANG-Tiga dosen Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengajari membatik dan membuat pewarna alami nabati kepada masyarakat.

Peserta pelatihan juga diajari cara memasarkan batik. Para dosen itu adalah Dr Ir Nelly Budiharti MSIE (dosen teknik industri), Faidliyah Nilna Minah ST MT (dosen teknik kimia), dan Ahmad Faisol ST MT (dosen teknik informatika).

"Pewarna alami sudah ada yang menjual. Namun ketersediaannya masih terbatas. Maka, lewat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) kami mengajarkan mitra untuk memproduksi pewarna alami nabati. Sekaligus memasarkan lewat digital marketing,” papar  Dr Ir Nelly Budiharti, MSIE, Ketua PKM ITN Malang saat ditemui di Kampus 2 ITN Malang beberapa waktu lalu.

Tim PKM ITN Malang ini menggandeng tiga mitra yakni UD Natura Creo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Paguyuban Pembatik Ikat (PPI) Bulan Asri Desa Randuagung Kecamatan Singosari Kabupaten Malang serta PKK RW 04 Tunjungtirto Semarak Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. 

Menurutnya, selama ini UD Natura Creo sudah rutin memproduksi batik dan pernah menerapkan pewarna alami dalam bentuk liquid/larutan yang dikerjakan secara manual. Caranya dengan merebus dan merendam.

Sedang PPI Bulan Asri dalam memproduksi batik pewarnaan masih menggunakan pewarna sintetis. 

Sedangkan PKK Tunjungtirto Semarak belum pernah memproduksi batik sama sekali.

Bahan alami yang dipakai seperti daun ketapang, daun mangga, daun alpukat, dan biji bixa orellana (kesumba).

Sebelum dipakai, bahan pewarna berbahan alami itu dibersihkan dulu. Kemudian dipotong-potong sesuai jenisnya dan dimasukkan ke mesin ekstrak untuk dihancurkan.

Setelah itu disaring dan diambil filtratnya. Filtrat merupakan larutan hasil penyaringan pada proses pemisahan.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved