Berita Jawa Timur Hari Ini

Angka Indeks Kebebasan Pers di Jawa Timur Turun, Terendah Ketiga Nasional

Angka indeks kebebasan pers (IKP) di Jawa Timur Tahun 2022 menempati urutan ketiga terendah dengan nilai 72,88 secara nasional

dok.ist
KEMERDEKAAN PERS - Ninik Rahayu, anggota Dewan Pers saat Sosialisasi Indeks Kemerdekaan Pers 2022 di Hotel Grand Dafam, Kamis (22/9/2022). SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

SURYAMALANG.COM|MALANG- Angka indeks kebebasan pers (IKP) di Jawa Timur Tahun 2022 menempati urutan ketiga terendah dengan nilai 72,88 secara nasional, setelah Maluku Utara sebanyak 69,84 serta Papua Barat sebesar 69,23. Sementara indeks tertinggi nasional ditempati Kalimantan Timur sebesar 83,78.

Angka-angka ini diungkap Dewan Pers saat Sosialisasi Indeks kemerdekaan pers 2022 Provinsi Jawa Timur di Grand Dafam Hotel Jalan Kayoon, Surabaya, Kamis (22/9/2022) siang.

Sosialisasi itu digelar Dewan Pers dan diikuti oleh berbagai organisasi pers, wartawan serta perwakilan dari institusi pemerintah.

Ninik Rahayu, anggota Dewan Pers menuturkan metode penilaian dengan melakukan survei di 34 provinsi dengan meliputi tiga lingkungan dengan 20 indikator.

"Ini (Kebebasan Pers, red) bukan hanya tanggung jawab dari dewan pers saja, dan perlu dilakukan kerja kolaborasi, atau kerja kerja bersama," kata Ninik dalam sosialisasi tersebut.

Ninik menambahkan kolaborasi itu harus melibatkan sejumlah pihak untuk meningkatkan indeks kebebasan pers di Jawa Timur.

Selain kebebasan pers, Ninik juga menambahkan perlu ada regulasi atau kebijakan yang sama terkait pemberian informasi kepada insan pers, atau pemberitaan-pemberitaan terkait disabilitas, yang berbasis gender atau yang ramah anak.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved