Berita Malang Hari Ini

Pemkot Malang Raih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kemenkeu

Pemkot Malang meraih predikat wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan, Kamis (22/9/2022).

Pemkot Malang
Wali Kota Malang, Sutiaji menerima penghargaan opini WTP dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Kamis (23/9/2022). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pemkot Malang meraih penghargaan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan, Kamis (22/9/2022).

Pemkot Malang 11 kali berturut-turut meraih opini WTP.

Wali Kota Malang, Sutiaji berterima kasih kepada ASN atas kinerja selama ini sehingga mampu membawa Kota Malang mendapat WTP.

"Ini bukan sesuatu yang mudah. Mempertahankan selalu lebih sulit daripada meraih. Alhamdulillah capaian 11 kali berturut-turut ini menunjukkan kredibilitas dan akuntabilitas kinerja para ASN di Pemkot Malang," ucap Sutiaji dalam rilis yang diterima SURYAMALANG.COM, Jumat (23/9/2022).

Sutiaji menyoroti tantangan dan peluang Pemkot Malang untuk menjaga konsistensi kepatuhan kinerja dan pelaporan keuangan. 

"Kepatuhan tidak bisa instruksional, tapi justru dari bawah. Kepatuhan bukan hanya input dan output, tetapi juga melalui capaian, ada outcome atau tidak yang harus terukur. Frame inilah yang harus konsistensi," ujarnya.

Sutiaji berharap konsistensi perangkat daerah dalam perencanaan, pelaksanaan sampai di tahap pengawasan dapat memberikan benefit dan menjadikan budaya yang positif.

"Perangkat daerah harus mampu menerapkan konsistensi ini. Keberhasilan tidak lepas dari konsistensi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan terukur yang akhirnya memberi benefit dan behavior."

"Kami akan terus kuatkan. Sekarang ada pemeriksaan kinerja yang secara akumulatif memberikan hasil baik ini," terangnya.

Menurutnya, perlu penyikapan yang tepat dalam memaknai pencapaian opini WTP agar mampu memberi stimulus bagi perangkat daerah Pemkot Malang.

"Jangan maknai bahwa WTP sebagai formalitas. WTP perlu diimplementasikan dalam rule model kegiatan sehari-hari. Itu yang lebih penting," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved