Berita Malang Hari Ini

Cegah Kekerasan Seksual, Wali Kota Malang Ajak Peran Serta Masyarakat

Wali Kota Malang, Sutiaji mengajak peran serta masyarakat untuk mencegah kekerasan seksual di tengah masyarakat.

suryamalang/rifky
Wali Kota Malang, Sutiaji saat memberikan sosialisasi resiko kekerasan berbasis gender di wilayah Kecamatan Kedungkandang yang berlangsung di Hotel Atria pada Senin (26/9/2022). 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Wali Kota Malang, Sutiaji mengajak peran serta masyarakat untuk mencegah kekerasan seksual di tengah masyarakat.

Hal tersebut dia sampaikan, saat memberikan sosialisasi resiko kekerasan berbasis gender di wilayah Kecamatan Kedungkandang yang berlangsung di Hotel Atria pada Senin (26/9/2022).

Sosialisasi tersebut disampaikan kepada lurah, linmas, ASN dan segenap tokoh masyarakat wilayah Kecamatan Kedungkandang yang hadir pada kesempatan itu.

"Sebenarnya sosialisasi ini bukan untuk Kedungkandang saja. Tapi semua kecamatan. Urusan kekerasan seksual tak hanya satu dua dinas, tapi semuanya termasuk komunitas dan lembaga," ucapnya.

Meski mengaku belum memiliki data soal kekerasan seksual di Kota Malang, Sutiaji menginginkan, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman masyarakat terhadap kekerasan seksual dan gender.

Dia meminta kepada Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang agar menguatkan pokja di masing-masing RW.

Agar nantinya, penanganan kasus kekerasan seksual dapat segera ditangani.

Sebab, pokja ini memiliki ruang khusus bagi masyarakat untuk melakukan curhat soal kekerasan seksual.

"Ketika ada pelaporan itu, segera kita kuatkan. Sehingga ketika ada KDRT itu langsung. Karena yang namanya korban secara otomatis akan menajdi saksi dan dia gak berani lapor karena ada ketakutan,"

"Misalkan nanti kalau penangananmya keliru bisa mengancam jiwa, contohnya yang saya smapaikan di tetangga sebelah, dia lapor tapi malah nyawa anak dan dirinya kena," terangnya.

Sementara, Camat Kedungkandang, Prayitno menyampaikan, bahwa untuk kekerasan seksual di wilayah Kedungkandang ini, pihaknya melakukan koordinasi intens dengan Polsek Kedungkandang.

Selama satu setengah tahun menjabat sebagai Camat Kedungkandang, dirinya mengaku belum pernah mendapatkan laporan.

Laporan kebanyakan banyak terkait dengan stunting, persoalan lainnya.

"Bapak Kapolsek Kedungkandang yang tadi mengisi sosialisasinya. Jadi kepolisian di sini memprioritaskan, kalau bisa permasalahan itu di rembug dulu, tidak semua permasalahan di muat menjadi aduan dan laporan Dimusyawarahkan dulu," tandasnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved