Berita Malang Hari Ini

Dosen ITN Malang Lolos World Class Professor ke University of Queensland (UQ) Australia

Awan Uji Krismanto ST MT PhD, Dosen Teknik Elektro ITN Malang lolos di World Class Professor (WCP) ke University of Queensland (UQ) Australia.

suryamalang/sylvi
Awan Uji Krismanto ST MT PhD, Dosen Teknik Elektro ITN Malang lolos di World Class Professor (WCP) ke University of Queensland (UQ) Australia. Ia mendapat hibah WCP pada tahun ini dari Ditjen Dikti Kemendikbudristek. Selain itu, ia merupakan dosen yang lolos kali pertama WCP luar negeri dari ITN Malang. 

SURYAMALANG.COM|MALANG-Awan Uji Krismanto ST MT PhD, Dosen Teknik Elektro ITN Malang lolos di World Class Professor (WCP) ke University of Queensland (UQ) Australia.

Ia mendapat hibah WCP pada tahun ini dari Ditjen Dikti Kemendikbudristek. Selain itu, ia merupakan dosen yang lolos kali pertama WCP luar negeri dari ITN Malang.

"Tujuan WCP adalah untuk membangun kolaborasi antara perguruan tinggi Indonesia dengan perguruan tinggi di luar negeri yang bereputasi," jelas Awan, Senin (26/9/2022).

Karena itu, Ditjen Dikti mengundang profesor kelas dunia dari berbagai perguruan tinggi ternama dalam negeri atau luar negeri sebagai visiting professor untuk ditempatkan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. 

Lewat program ini, dosen atau peneliti bisa berinteraksi dengan profesor ternama dan unggul.

Sehingga bisa meningkatkan kehidupan akademis, kompetensi, kualitas dan kontribusinya bagi pengembangan IPTEK dan penguatan sistem inovasi nasional.

Terutama dalam bidang green economy, blue energy, digital economy, kesehatan dan alat kesehatan, serta pariwisata. 

Ia menjadi satu di antara 74 peserta WCP luar negeri yang nantinya akan terbang ke University of Queensland (UQ) Australia pada Oktober mendatang.

“Saya satu bulan di Universitas Queensland, Australia. Rencananya mulai 5 sampai 26 Oktober 2022. Sekarang masih mempersiapkan administrasi,” kata dia.

Lolosnya ITN Malang pada program WPC luar negeri karena ITN Malang memiliki reputasi bagus di bidang publikasi. Sehingga mempunyai rekam jejak publikasi di jurnal internasional.

Selain itu juga mempunyai jalinan relationship dengan profesor di luar negeri. Ketua LPPM ITN Malang ini memiliki komunikasi yang intens dengan profesor di universitas tersebut. 

"Saya kuliah S3 dulu di UQ dan komunikasi kami berlanjut sampai sekarang. UQ juga masuk dalam jajaran 50 besar universitas dunia,” imbuh dosen ini.

Di UQ Australia Awan akan melaksanakan berbagai kegiatan. Antara lain, kolaborasi riset, kunjungan lapangan ke solar power innovation center UQ, diskusi masalah fabrication, mengikuti sesi kuliah tamu, dan supervisor untuk mahasiswa S-3 di UQ. 

Sementara, profesor UQ saat diundang ke ITN Malang akan memberikan kuliah tamu, membangun riset kolaborasi dan keynote speaker seminar internasional yang akan diselenggarakan oleh ITN Malang di Bali pada November 2022 mendatang.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved