Berita Surabaya Hari Ini

Patjarmerah Plat L, Festival Kecil Literasi Keliling Nusantara Singgah di Surabaya pada Oktober 2022

Patjarmerah akhirnya singgah di Surabaya pada 29 Oktober hingga 6 November 2022.

Penulis: Eko Darmoko | Editor: Zainuddin
Patjarmerah
Patjarmerah singgah di Surabaya pada 29 Oktober hingga 6 November 2022. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Telah digelar sejak 2019, Patjarmerah akhirnya singgah di Surabaya pada 29 Oktober hingga 6 November 2022.

Festival literasi yang menyandarkan diri pada semangat gotong royong ini akan digelar di Xperia Collaborative Space, AJBS, Surabaya.

Patjarmerah telah berkeliling di tiga kota, yakni Yogyakarta, Malang, dan Semarang selama 2019 dan terbilang sukses.

Festival literasi dan pasar buku ini berhasil menyedot perhatian berbagai kalangan pecinta buku.

Tercatat di setiap kota, Patjarmerah dikunjungi sekitar 30.000 orang.

Di Surabaya, Patjarmerah akan juga diisi oleh berbagai aktivitas seru literasi.

Sebagaimana yang sudah dikenal dari tiga festival sebelumnya, selain pasar buku, lokakarya patjar, obrolan patjar, layar patjar, dan panggung patjar akan menjadi suguhan utama untuk warga Surabaya.

Namun, bukan Patjarmerah namanya jika tidak memunculkan kekhasan dari tempat yang disinggahinya.

Berkolaborasi dengan banyak komunitas dan kawan pegiat literasi Jawa Timur,

Windy Ariestanty, penggagas Patjarmerah, menyebutkan bahwa Surabaya dipilih sebagai kota pembuka setelah masa pandemi karena banyak alasan penting.

Salah satunya adalah fakta bahwa kota yang baru merayakan ultah ke-729 ini memiliki sejarah panjang dalam peta literasi.

“Surabaya memiliki perjalanan panjang dalam dunia literasi dan pergerakan pemuda serta kebangsaan. Ia juga salah satu kota penting dalam dunia kreatif maupun perkembangan bisnis Indonesia,” kata Windy Ariestanty dalam rilis yang diterima SURYAMALANG.COM, Senin (26/9/2022).

“Surabaya menjadi pintu masuk bagi sisi timur Indonesia. Peran menghubungkan itu telah dijalankan Surabaya dari dulu hingga kini. Rasa-rasanya bukan dugaan luar biasa jika kami memutuskan bergerak ke sini; ke titik yang menjadi pintu masuk sekaligus penghubung, ke titik di mana banyak hal diupayakan dan digerakkan sejak awal, bahkan ketika yang lain belum bergerak,” ungkap perempuan yang telah berkecimpung di dunia perbukuan selama 17 tahun ini.

Parafrasa dipilih oleh patjarmerah sebagai tema utama sepanjang 2022. Pa-ra-fra-sa adalah ikhtiar untuk menuturkan kembali semangat menciptakan akses literasi yang setara dan merata dengan cara-cara adaptif, kreatif, dan inklusif; bahwa akses literasi yang setara dan merata adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved