Berita Malang Hari Ini

Hingga Akhir Agustus 2022, Penerimaan Pajak DJP Jatim III Capai 18,2 Triliun

Realisasi penerimaan pajak Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III mencapai Rp 18,2 triliun hingga akhir Agustus 2022

Hingga Akhir Agustus 2022, Penerimaan Pajak DJP Jatim III Capai 18,2 Triliun
google
ilustrasi penghitungan pajak

SURYAMALANG.COM | MALANG - Realisasi penerimaan pajak Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III mencapai Rp 18,2 triliun hingga akhir Agustus 2022.

Jika diprosentasekan sebesar 63,86 persen dari target penerimaan tahun 2022 sebesar Rp 28,49 triliun.

Kepala Bidang Penyuluhan. Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah DJP Jawa Timur III, Idham Budiarso mengatakan, dilihat dari klasifikasi jenis pajak, secara keseluruhan hampir semua jenis pajak mengalami pertumbuhan positif.

Penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) tercatat sebesar Rp 8,41 triliun atau sebesar 74,02 persen dari target 2022.

Penerimaan PBB dan BPHTB tercatat sebesar Rp 34 miliar dan mengalami pertumbuhan sebesar 246,05 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Pertumbuhan positif ini diakibatkan adanya kenaikan target penerimaan PBB dan BPHTB di tahun 2022. Penerimaan Pajak Lainnya juga mengalami pertumbuhan positif sebesar 30,45 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya," ucapnya.

Dari laporan yang disampaikan, hanya penerimaan dari PPN dan PPnBM yang mengalami penurunan pertumbuhan sebesar 13,14 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

PPN dan PPnBM tercatat masih terkoreksi negatif akibat pola penebusan PPN Hasil Tembakau yang masih rendah pada Triwulan I. 

Meski demikian, realisasi PPN dan PPnBM menyumbang penerimaan terbesar yakni Rp 9,48 triliun atau mencapai 56,95 persen dari target 2022.

"Capaian penerimaan tersebut didominasi dari penerimaan beberapa sektor, di antaranya Sektor Industri Pengolahan, Sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Sektor Kegiatan Jasa Lainnya, Sektor Administrasi Pemerintahan, dan Sektor Jasa Keuangan," ujarnya.

Bila dilihat dari kinerja penerimaan pajak per sektor, Idham mengatakan, hampir seluruh penerimaan dari sektor dominan mengalami pertumbuhan positif.

Sektor Perdagangan Besar dan Eceran mengalami persentase pertumbuhan paling tinggi, yakni sebesar 85,85 persen.

Kemudian disusul oleh Sektor Kegiatan Jasa Lainnya dengan pertumbuhan sebesar 74,50 persen.

Sektor Administrasi Pemerintahan dengan pertumbuhan sebesar 27,92 persen dan Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi yang juga tumbuh sebesar 3,67 persen.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved