Berita Blitar Hari Ini

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kota Blitar, Santoso Ajak Generasi Muda Jaga Keutuhan NKRI

Wali Kota Blitar, Santoso memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Wali Kota Blitar.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Zainuddin
SURYAMALANG.COM/Samsul Hadi
Wali Kota Blitar, Santoso memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Wali Kota Blitar, Sabtu (1/10/2022). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Wali Kota Blitar, Santoso memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Wali Kota Blitar, Sabtu (1/10/2022).

Santoso mengajak para generasi muda menjaga Pancasila sebagai dasar negara dan mengamalkan nilai-nilai sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga keutuhan NKRI.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dihadiri para pejabat Forkopimda Kota Blitar dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Blitar.

Sedang peserta upacara perwakilan dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, mahasiswa, dan pelajar di Kota Blitar.

Di upacara itu dibacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila. Ikrar atau janji dengan sungguh-sungguh membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Santoso mengatakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi upaya memupuk jiwa dan semangat nasionalisme kepada seluruh rakyat terutama para generasi muda di Indonesia.

Para generasi muda harus ikut menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara agar tidak dirong-rong paham yang bertentangan dengan nilai-nilai sila Pancasila.

"Pancasila sebagai dasar negara harus dijaga dan dipertahankan agar tidak dimasuki paham-paham yang bertentangan dengan nilai-nilai sila Pancasila," kata Santoso.

Dikatakannya, salah satu cara menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara, yaitu, dengan mengamalkan nilai-nilai sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

"Kami mengajak para generasi muda untuk ikut  menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Menurutnya, pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat juga sebagai benteng untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila.

"Di momen Hari Kesaktian Pancasila ini, saya mengajak semua masyarakat untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved