Berita Malang Hari Ini

UKM di Jatim Menerima Sertifikat Halal dari ISNU dan Gubernur Khofifah

UKM di Jawa Timur menerima sertifikat halal dalam kegiatan Festival Produk Halal Jatim Bangkit di Universitas Islam Malang (Unisma)

SURYAMALANG.COM/Rifky Edgar
Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jawa Timur menerima sertifikat halal dalam kegiatan Festival Produk Halal Jatim Bangkit di Universitas Islam Malang (Unisma) pada Sabtu (1/10/2022). 

SURYAMALANG.COM - Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jawa Timur menerima sertifikat halal dalam kegiatan Festival Produk Halal Jatim Bangkit di Universitas Islam Malang (Unisma) pada Sabtu (1/10/2022).

Sertifikat tersebut diberikan kepada UKM, setelah mereka melalui sejumlah proses dan pendampingan Proses Produk Halal (PPH) dari Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri Bakri memberikan langsung sertifikat tersebut kepada UKM.

Pemberian sertifikat juga diberikan kepada pendamping UKM, serta pemberian sertifikat tentang mitra kerja Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang telah melakukan pendampingan dengan memperoleh sertifikat halal terbanyak dari MURI.

"Tentu saja kami senang, kami bahagia mendapatkan sertifikat halal ini. Dengan begini, kami jadi percaya diri berjualan," ucap Efi Noviana, pengusaha jajanan kacang asin yang berasal dari Lamongan.

Perempuan yang sudah tujuh tahun menggeluti dunia kuliner ini mengaku, bahwa proses untuk memperoleh sertifikat halal ini memakan waktu selama dua bulan.

Dia mendapatkan pendampingan, serta pelatihan penuh dari ISNU dan BPJPH Jatim, yang menerjunkan instruktur.

"Yang membuat kami bangga itu, pengurusannya gratis. Jadi kami tak perlu membayar. Kalau bayar pun pasti mahal," ujarnya.

Saat Festival Produk Halal Jatim Bangkit ini berlangsung, sejumlah UKM menjajakan dagangannya di gedung bundar Unisma.

Mereka menjual, berbagai macam makanan, minuman, souvenir dan perhiasan.

Dari data ISNU Jatim, total ada 9.700 UKM di Jawa Timur.

Sebagian UKM tersebut telah berhasil menopang perekonomian Jatim sebesar 65 persen.

Proses pelatihan produk halal digelar sejak April-September 2022.

Total ada 2.000 UKM yang lulus, dari total 3.450 UKM di Jatim yang ikut pelatihan.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved