TRAGEDI AREMA VS PERSEBAYA

Presiden Jokowi Perintahkan Cari Fakta Dugaan Pintu Tribun Stadion Kanjuruhan Terkunci

Presiden RI Joko memberikan tenggat  waktu bagi tim pencari fakta agar segera tuntas dalam mengungkap kasus Tragedi Stadion Kanjuruhan.

SURYAMALANG.COM/PURWANTO
Presiden Joko Widodo (tengah) berdiskusi dengan para mentri saat meninjau lokasi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (5/10/2022). Dalam pernyataannya, Presiden memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum mengaudit seluruh stadion di Indonesia agar tragedi Kanjuruhan tidak terulang kembali. SURYA/PURWANTO 

SURYAMALANG.COM|MALANG - Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Stadion Kanjuruhan pada Rabu (5/10/2022).

Orang nomor satu di Indonesia itu melihat langsung kerusakan stadion pasca kerusuhan suporter pada laga Arema FC melawan Persebaya Sabtu lalu.

"Tim gabungan pencari fakta yang harus melihat secara detail. Tetapi sebagai gambaran saya  melihat problemnya ada di pintu yang terkunci. Dan juga tangga yang terlalu tajam. Semuanya akan diungkap oleh tim pencari fakta," ujar Jokowi usai meninjau Stadion Kanjuruhan.

Baca juga: Mahasiswa di Surabaya Kepung Mapolda Jatim, Desak Irjen Pol Nico Afinta Mundur Jabatan Kapolda Jatim

Jokowi memberikan tenggat  waktu bagi tim pencari fakta agar segera tuntas dalam mengungkap kasus Tragedi Stadion Kanjuruhan.

"Saya minta secepatnya tidak sampai 1 bulan (dapat mengungkap fakta). Kita tahu telah dibentuk tim pencari fakta yang diketuai oleh Mahfud MD. Nantinya tim ini segera bisa menyelesaikan tugasnya," sebut Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi: Seluruh Biaya Korban Tragedi Kanjuruhan Ditanggung oleh Pemerintah

Sementara itu, Jokowi juga meminta Kementrian PUPR segera melakukan perombakan pintu masuk dan tribun stadion yang digunakan untuk ajang kompetisi sepakbola.

"Saya juga minta Menteri PUPR untuk segera audit perbaikan stadion di Liga 1 sampai Liga 3 terutama perbaikan pintu gerbang, posisi duduk, pagar dan lain-lainnya sehingga keselamatan penonton diutamakan," tegas politisi PDIP ini.

Baca juga: Presiden Jokowi Perintahkan Kementerian PUPR Audit Seluruh Stadion untuk Liga Indonesia

Terakhir, Jokowi ingin seluruh stadion di Indonesia memiliki manajemen ruang selayaknya Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

"Karena kita lihat di GBK penonton bisa sampai 80 ribu orang dibuka 15 menit semuanya sudah bisa keluar. Standar-standar itu yang harus kita miliki," tutupnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved