Berita Blitar Hari Ini

Lama Tutup dan Tidak Bayar Retribusi, Puluhan Kios di Pasar Legi Kota Blitar Disegel

Disperindag Kota Blitar menyegel puluhan kios di Pasar Legi, Kota Blitar karena lama tidak buka dan pemiliknya tak membayar retribusi

suryamalang.com/samsul hadi
Kertas pengumuman bertuliskan segel ditempel di rolling door salah satu kios di lantai dua Pasar Legi, Kota Blitar, Kamis (6/10/2022). 

SURYAMALANG.COM|BLITAR - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar menyegel puluhan kios di Pasar Legi, Kota Blitar. 

Puluhan kios di Pasar Legi disegel karena lama tidak buka dan pemiliknya tidak membayar retribusi ke Pemkot Blitar. 

Pantauan di lokasi, Kamis (6/10/2022), menunjukkan sejumlah kios di lantai dua Pasar Legi ditempeli kertas bertuliskan disegel di bagian rolling door. 

Lalu di bawahnya tertulis dasar penyegelan kios, yaitu, Pasal 17 Perwali Kota Blitar No 46 Tahun 2018 tentang petunjuk pelaksanaan Perda Kota Blitar No 47 Tahun 2018 tentang Penyelenggara Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Swalayan. 

Hampir semua kios di bagian depan sisi selatan lantai dua Pasar Legi ditempeli kertas bertuliskan disegel. 

"Minggu kemarin dilakukan penyegelan sejumlah kios di Pasar Legi," kata petugas keamanan Pasar Legi, Kota Blitar, Yusron. 

Yusron mengatakan untuk sementara ada 48 kios baik di lantai satu dan lantai dua Pasar Legi yang disegel.

Kios yang disegel yang telah lama tutup dan pemiliknya tidak membayar retribusi.

Sebelum dilakukan penyegelan, Disperindag sudah melakukan sosialisasi kepada para pemilik kios agar menempati kiosnya untuk aktivitas perdagangan. 

Tetapi, sejumlah pemilik tidak mengindahkan sosialisasi dari Disperindag. Setelah itu, Disperindag memberikan surat peringatan pertama kepada para pedagang, tapi juga tidak ada respons. 

Lalu, Disperindag memberikan surat peringatan kedua kepada pedagang. Sampai batas waktu surat peringatan kedua habis, pedagang tetap tidak merespons. 

Akhirnya, Disperindag mengambil tindakan menyegel sejumlah kios di Pasar Legi

"Kios yang disegel sudah lama tidak buka. Sesuai aturan, kalau tidak buka lebih dari dua bulan harus ada konfirmasi ke Disperindag," ujarnya. 

Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan sejumlah kios di Pasar Legi disegel karena lama tidak buka dan tidak membayar retribusi.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved