TRAGEDI AREMA VS PERSEBAYA

KLB Digelar Buntut Tragedi Kanjuruhan, Begini Harapan Pelatih Persebaya Aji Santoso

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, memiliki harapan tersendiri terkait rencana PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB)

Penulis: Khairul Amin | Editor: Eko Darmoko
SURYAMALANG.COM/Purwanto
Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso turun dari kendaraan taktis (Rantis) di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). 

SURYAMALANG.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, memiliki harapan tersendiri terkait rencana PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

PSSI telah berkirim surat pada FIFA terkait rencana tersebut di mana KLB rencananya akan digelar 18 Maret 2023 dengan lebih dulu melakukan Kongres Biasa 7 Januari 2023.

Desakan KLB ini mencuat akibat Tragedi Stadion Kanjuruhan, 1 Oktober 2022 lalu, yang sudah memakan 135 korban jiwa, juga dorongan dua klub, Persebaya Surabaya dan Persis Solo.

"Saya sudah melihat video tentang rencana KLB, ya mudah-mudahanlah, yang terpenting bagi kami bagaimana sepak bola Indonesia ini bisa berkembang dan maju, itu keinginan saya," kata Aji Santoso.

"Dengan adanya KLB harusnya semua lebih bagus," tambah pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Baca juga: Bos Persis & Persebaya Bahas KLB & Tragedi Kanjuruhan, Kaesang : Tidak Ada Masalah dengan Pak Ketum

Baca juga: Persebaya dan Persis Kompak Kirim Surat ke PSSI dan PT LIB untuk Gelar KLB, Begini Respon Arema FC

Aji Santoso juga berharap poin lain yang menjadi atensi adalah soal keamanan stadion, hal ini dimulai dari tahapan verifikasi yang ketat.

Ia mencontohkan Tragedi Stadion Kanjuruhan yang belakangan diketahui verifikasi stadionnya bermasalah.

"Kejadian di Kanjuruhan, ke depan gak terjadi lagi, artinya untuk verifikasi stadion harus benar-benar ketat, peraturan tools off the game-nya juga harus berjalan dengan baik. Jangan sampai kejadian ini terus terulang lagi," harapnya.

Aji Santoso tidak menampik bahwa menurut penilainnya masih ada beberapa stadion yang kurang layak menggelar laga standar Liga 1.

"Karena memang jujur ada juga tempat yang masih belum layak untuk standar Liga 1."

"Itu harus dicarikan alternatif, misal kota A tidak layak, tapi ada kota B yang tidak memiliki tim Liga 1, kan bisa dipakai di situ, jadi savety dan security-nya benar-benar terjamin," harap Aji Santoso.

Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pekan 11 Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022).
Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pekan 11 Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022). (SURYAMALANG.COM/Purwanto)

Belum Tentukan Program Kongkret Tim

Di tengah situasi mulai adanya titik terang lanjutan kompetisi, sejumlah tim kontestan mulai menggelar latihan kembali.

Persebaya Surabaya yang memang tidak meliburkan tim sejak awal kompetisi dihentikan, belum meningkatkan intensitas latihan, termasuk soal program pemusatan latihan yang biasa digelar di tengah libur panjang.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved