Breaking News:

Berita Lumajang Hari Ini

Penyakit Kencing Tikus Menjangkiti 3 Warga Lumajang, Berikut Ini Gejalanya

Bakteri leptospirosis menginfeksi tubuh manusia melalui selaput lendir; seperti mata, hidung, atau mulut ketika makan makanan tidak higienis.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Yuli A
kemkes.go.id
Penularan air kencing tikus ke dalam tubuh manusia sangat potensial saat banjir. Genangan air yang memasuki setiap sudut rumah memudahkan aliran air kencing tikus masuk ke dalam tubuh manusia. 

SURYAMALANG.COM, LUMAJANG - Penyakit leptospirosis perlu diwaspadai. Sebanyak 24 warga di Kabupaten Lumajang sudah terdeteksi suspek. Dari jumlah tersebut, tiga orang di antaranya dinyatakan positif terjangkit. 

Leptospirosis merupakan penyakit yang timbul akibat infeksi leptospira. Bakteri tersebut biasanya menginfeksi hewan, salah satunya tikus. Tikus menularkan kepada manusia melalui urine dan darah.

Koordinator Sub Substansi Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinas Kesehatan Lumajang Askap Hariyanto mengatakan, bakteri leptospirosis menginfeksi tubuh manusia biasanya melalui selaput lendir; seperti mata, hidung, atau mulut ketika mengonsumsi makanan tidak higienis. Selain itu, penularan juga bisa melalui luka tubuh yang terbuka.

"Tiga pasien yang dinyatakan positif kemungkinan terinfeksi dari 4 macam penularan," katanya.

Gejala lestospirosis ini di antaranya adalah diare, demam, pusing, dan nyeri otot. Penyakit ini jika telat ditangani bisa berisiko fatal. Penderitanya dapat mengalami gagal ginjal, meningitis, gagal hati, dan gangguan pernapasan, bahkan kematian mungkin saja terjadi.

"Demamnya bisa lebih tinggi dari DBD, biasanya otot betis juga mengalami nyeri," ujarnya.

Oleh karena itu, Askap menganjurkan, jika sudah mengalami gejala seperti yang disebutkan, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Sebab, lepstospirosis mudah disembuhkan dengan obat antibiotik. Namun, harus ditangani dengan cepat dan tepat.

Askap meminta masyarakat mewaspadai penyakit leptospirosis. Menjaga kebersihan lingkungan, berperilaku hidup bersih dan sehat harus terus dilakukan. Kebersihan rumah musti dijaga. Supaya tidak mengundang tikus masuk ke dalam rumah.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved