Berita Kediri Hari Ini

Tutorial Pendaftaran Nomor Induk Berusaha Melalui OSS RBA Bagi Pengusaha Kota Kediri

#KEDIRI - “Dengan OSS-RBA, untuk mendapatkan NIB akan menjadi lebih mudah dan cepat. Hanya 10 menit saja para pelaku usaha sudah bisa."

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Yuli A
didik mashudi
Workshop untuk pengusaha yang digelar Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kediri, Senin (14/11/2022). 

#KEDIRI - “Dengan OSS-RBA, untuk mendapatkan NIB akan menjadi lebih mudah dan cepat. Hanya dengan 10 menit saja para pelaku usaha sudah bisa mengantongi NIB."

SURYAMAL:ANG.COM, KEDIRI - Pemkot Kediri mengedukasi para pengusaha agar perihal cara mendaftarkan nomor usaha yang sudah rumit bagi awam sejak pemberian namanya: Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA).

Pemkot Kediri ingin para pengusaha dapat melakukan pendaftaran nomor induk berusaha (NIB) melalui OSS RBA atau migrasi nomor induk berusaha dari OSS 1.1 ke OSS RBA.

Edukasi untuk para pengusaha ini dilakukan melalui workshop yang digelar Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)  Kota Kediri, Senin (14/11/2022).

Kegiatan workshop diikuti 50 pelaku usaha dari berbagai sektor hadir langsung dan selebihnya mengikuti secara daring. Pembekalan yang diberikan mengenai migrasi proses perizinan berusaha menggunakan OSS-RBA, K3PR dan pengawasan rutin agar dapat mengatasi permasalahan yang bisa saja terjadi.

Kepala DPMPTSP Kota Kediri, Edi Darmasto mengungkapkan, penerapan OSS-RBA berbasis risiko bersifat transparan, jelas, mudah dan tentunya  akan membantu pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya dengan memperoleh perizinan berusaha dengan cepat. 

“Dengan OSS-RBA, untuk mendapatkan NIB akan menjadi lebih mudah dan cepat. Hanya dengan 10 menit saja para pelaku usaha sudah bisa mengantongi NIB,” jelasnya.

Diungkapkan, keunggulan menggunakan OSS-RBA telah dirasakan sendiri Pemkot Kediri beberapa waktu lalu. Saat diserbu ratusan pelaku usaha untuk mengurus NIB, dalam sehari, DPMPTSP Kota Kediri mampu membantu 500 pelaku usaha untuk mendapatkan NIB. 

“Pemkot Kediri mempunyai program untuk memberikan bantuan modal usaha, dan NIB menjadi salah satu syaratnya. Meski permintaan bantuan pendaftaran NIB membludak, kami mampu membantu semua pelaku usaha karena pembuatan NIB menggunakan OSS-RBA yang cepat, mudah dan tidak ribet,” jelasnya.

Penerapan OSS-RBA yang cepat dan mudah juga berdampak pada jumlah capaian NIB di Kota Kediri. Hingga Oktober 2022, Kota Kediri telah memiliki lebih dari 8.000 pelaku usaha yang memiliki NIB. 

“Jumlah ini melebihi target capaian tahun ini 3.000 NIB. Namun saya yakin, masih banyak pelaku usaha yang belum memiliki NIB atau belum memigrasi NIB,” ujarnya.

Diungkapkan, pelaku usaha yang belum memigrasi NIB hingga 30 Nopember, maka data NIB lama akan terhapus. “Jika data NIB terhapus, pelaku usaha harus mengurus izin kembali. Makanya saya berharap para pelaku usaha segera lakukan migrasi NIB. Jika butuh bantuan langsung saja datang ke kantor DPMPTSP Kota Kediri,” jelasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved