Arti Kata Apokaliptik yang Diduga Jadi Penyebab Satu Keluarga Tewas di Kalideres, Bukan Kelaparan

Pristiwa yang terjadi di Perumahan Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis (10/11/2022) masih menjadi misteri.

Penulis: Ratih Fardiyah | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/KOMPAS.COM/MIta Amalia Hapsari
Petugas PMI mendisinfektan rumah yang menjadi lokasi ditemukannya 4 orang meninggal dunia dalam keadaan membusuk, di Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (12/11/2022). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Berikut arti kata Apokaliptik yang diduga menjadi penyebab satu keluarga tewas di Kalideres.

Pristiwa yang terjadi di Perumahan Citra Garden 1 Extension, Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis (10/11/2022) masih menjadi misteri.

Seperti diwartakan sebelumnya, terdapat empat korban yang tewas dan telah diidentifikasi.

Empat korban tersebut ialah Rudyanto Gunawan (71) dan sang istri Margaretha Gunawan (68).

Kemudian, anak dari keduanya bernama Dian (40) dan terakhir adalah Budyanto Gunawan (69), ipar dari Rudyanto.

Dari hasil otopsi, menunjukkan bahwa tidak ada sisa sari-sari makanan dalam lambung keempat korban.

Namun belum lama ini, Kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Meliala menduga kematian satu keluarga yang beranggotakan empat orang tersebut disebabkan oleh apokaliptik.

"Jangan-jangan dari keempatnya penganut paham akhir dunia atau apokaliptik dan mencabut nyawa dengan cara yang ekstrem," ujar Adrianus, Sabtu (12/11/2022).

Seperti diketahui sebelumnya, keempat mayat ditemukan oleh petugas PLN yang tengah melakukan pengecekan di rumah tersebut.

Janggalnya, setelah dievakuasi dan diotopsi secara singkat, pihak kepolisian menduga para korban meninggal karena kelaparan. Padahal, keluarga tersebut terbilang berkecukupan, terlebih Perumahan CItra Garden 1 dikenal sebagai pemukiman orang-orang berduit.

Lain itu, polisi tidak menemukan bahan makanan maupun air minum di rumah tersebut. Menurut Ketua RT 7, RW 15, Asiung, kapur barus tersebut ditempatkan di sebuah mangkuk di atas meja makan, dan di sebelahnya ada lilin merah serta bedak.

Namun, Adrianus juga masih ragu, karena itu masih butuh penyelidikan lebih jauh. “Saya bayangkan bunuh diri dengan melaparkan diri, tetapi saya tidak yakin orang mampu melakukan tindakan seperti itu,” sambung Adrianus.

“Tentu ada motif ya kenapa seperti itu, harus menunggu hasil autopsi yang akurat,” ucapnya.

Seperti dilansir dari Kompas: Diduga Penyebab Kematian Satu Keluarga di Kalideres, Kriminolog UI Sebut "Apokaliptik", Apa Itu?

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved