Berita Blitar Hari Ini

Pemkot Blitar Berikan Beasiswa Kuliah Rp 24 Juta/Tahun, Ini Cara Pendaftarannya

emkot Blitar membuka pendaftaran program beasiswa untuk warganya yang masih kuliah, Program beasiswa biaya kuliah sebesar Rp 24 juta per tahun.

IIK Bhakti Wiyata
ILUSTRASI - Beasiswa kuliah 

SURYAMALANG.COM I BLITAR - Pemkot Blitar membuka pendaftaran program beasiswa untuk warganya yang masih kuliah.

Program beasiswa yang diberikan kepada warga untuk membantu biaya kuliah sebesar Rp 24 juta per tahun.

"Sekarang masih proses pendaftaran. Pendaftaran dilaksanakan mulai 10-18 November 2022," kata Kabag Kesra Pemkot Blitar, Ahmad Tobroni, Rabu (16/11/2022).

Tobroni mengatakan pendaftaran program beasiswa kuliah dilakukan secara online lewat website beasiswa.blitarkota.go.id.

Calon pendaftar diminta menyiapkan berkas persyaratan seperti KTP, KK, rekening listrik, akreditasi universitas, dan daftar nilai untuk diupload di website pendaftaran.

"Calon pendaftar yang sudah kuliah menyertakan daftar nilai atau IPK, kalau yang baru kuliah menyertakan nilai rapor. Diharapkan sebelum mendaftar calon pendaftar menyiapkan berkasnya dulu, karena sistemnya tidak bisa mengulang," ujarnya.

Dikatakannya, program beasiswa kuliah ini baru kali pertama diadakan oleh Pemkot Blitar. Untuk tahun pertama ini, Pemkot Blitar hanya menyediakan kuota beasiswa untuk 25 orang.

Nilai beasiswa kuliah yang diberikan kepada warga sebesar Rp 24 juta per tahun yang diberikan selama dua kali masing-masing sebesar Rp 12 juta tiap semester.

"Sampai sekarang sudah ada 77 pendaftar. Setelah pendaftaran ditutup akan kami verifikasi berkasnya apakah sudah sesuai atau belum. Setelah itu kami rangking untuk menentukan 25 pendaftar yang berhak mendapat beasiswa," katanya.

Selanjutnya, Pemkot Blitar melakukan verifikasi faktual dengan cara mendatangi rumah sebanyak 25 pendaftar yang telah diterima mendapatkan beasiswa kuliah.

Verifikasi faktual itu untuk memastikan kebenaran data yang sudah diupload pendaftar di website pendaftaran.

"Beasiswa kuliah ini diberikan sampai yang bersangkutan lulus, tapi tiap tahun kami evaluasi apakah masih penerim beasiswa masih memenuhi persyaratan apa tidak. Kalau tidak memenuhi persyaratan akan kami coret untuk digantikan yang lain yang memenuhi syarat," ujarnya.

Menurutnya, kuota penerima program beasiswa kuliah ini akan terus ditambah tiap tahun sampai targetnya ada 100 warga yang mendapatkan beasiswa kuliah dari Pemkot Blitar.

"Tahun ini kuotanya hanya 25 orang, tahun depan kami tambah lagi 25 orang, tahun depannya lagi 25 orang, sampai targetnya ada 100 orang penerima beasiswa kuliah. Dulu sudah ada program beasiswa kuliah, tapi lewat Dinas Pendidikan yang nilainya Rp 1 juta per orang per tahun," katanya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Blitar, Nuhan Eko Wahyudi mengatakan program beasiswa kuliah ini merupakan usulan dari legislatif sejak 2019 lalu.

Tapi, porogram beasiswa kuliah baru bisa direalisasikan oleh Pemkot Blitar pada 2022 ini.

"Program itu merupakan inisiatif dewan khususnya untuk membantu warga kurang mampu agar bisa kuliah di perguruan tinggi yang bagus," kata Nuhan.

Nuhan berharap proses seleksi pendaftaran beasiswa kuliah dilakukan dengan obyektif. Program beasiswa kuliah benar-benar diberikan kepada warga yang membutuhkan.

"Kami minta proses seleksinya obyektif agar program beasiswa kuliah bisa tepat sasaran," ujarnya. (sha) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved