Berita Surabaya Hari Ini

Mahasiswa New Zealand Diajari Racik Jamu di Yogyakarta

"Mahasiswa New Zealand juga diajak keliling-keliling di sekitaran rumah warga yang mempunyai banyak Tanaman Obat Keluarga (TOGA),” tambahnya.

Editor: Yuli A
UKWMS
Saat mahasiswa New Zealand mencoba untuk menumbuk kunyit untuk digunakan membuat jamu di Desa Wisata Kiringan Yogyakarta. 

Reporter: Mohammad Zainal Arif

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) mengajak mahasiswa New Zealand mengenal makanan dan minuman di Indonesia.

Salah satunya ialah minuman kesehatan tradisional Indonesia yakni Jamu. Sebanyak 14 mahasiswa dari luar negeri itu diajak untuk berkunjung ke Desa Wisata Jamu Kiringan di Yogyakarta selama tiga hari.

“Mereka awalnya dikenalkan dengan sejarah munculnya Desa Wisata Jamu Kiringan oleh warga setempat," ujar Ayu Gayatri selaku pendamping para mahasiswa kepada SURYA.co.id, Jumat (18/11/2022).

Setelah memahami tentang jamu, dan kenapa jamu bisa jadi sumber pendapatan desa itu, mereka kemudian diajak untuk belajar membuat jamu kunyit asam.

"Mahasiswa New Zealand juga diajak keliling-keliling di sekitaran rumah warga yang mempunyai banyak Tanaman Obat Keluarga (TOGA),” tambahnya.

Sebelum memproduksi jamu, para mahasiswa dikenalkan terlebih dahulu dengan bahan-bahan untuk meracik jamu kunyit asam. 

Setelah itu, mereka kemudian menumbuk kunyit, merebus kunyit agar tidak bau anyir, lalu memeras kunyit yang sudah ditumbuk, dan ditambahkan air.

Satu di antara peserta dari New Zealand, Adrian mengaku merasa tidak gampang untuk memproduksi jamu. Karena menurutnya proses pembuatannya dibutuhkan ketelatenan.

“Baru pertama kali mencoba jamu, tapi saya sangat suka rasanya. Rasanya unik, terasa hangat dan segar untuk tubuh,” ungkapnya.

Usai dari Desa Wisata Kiringan, mereka berlanjut mengunjungi Kawasan Wisata Candi Borobudur yang merupakan salah satu cagar budaya terbesar di Indonesia. 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved